BannerFans.com

Segala Sesuatu Mendatangkan Kebaikan

Tuesday, December 15, 2015

Shalom all....

Kali ini mau lanjutin sharing tentang Food Truck. God is good and always good. Walaupun perjalanan yang kami tempuh tidak semudah dan semulus yang kita bayangkan tapi di saat seperti inilah kita dapat mengenal pribadi-Nya lebih dan lebih lagi. Satu hal yang paling saya rasakan, Dia adalah Bapa yang baik, selalu mensupport kami dan segala sesuatu yang Dia rencanakan itu mendatangkan kebaikan. Jadi Food Truck ini membuat kami semakin mengenal Dia dan semakin berserah akan rencana-Nya. Terkadang kita bisa bilang bahwa kita percaya kepadaNya tetapi ketika rencanaNya berbeda dengan rencana kita, disitu kita merasa "Kok begini Tuhan?" "Kenapa begini?" "Apakah ini kehendakMu?" Sempat saya merasa bahwa apa yang saya lakukan ini salah untuk membuka bisnis food truck ini, dan merasa salah waktu dikarenakan pada saat yang bersamaan kami memiliki baby yang ketiga. Baiklah saya akan mulai untuk sharing perjalanan kami bersamaNya dalam bisnis Food Truck ini.


Design Food Truck

Pertama saya dan istri selalu berdoa dan bertanya kepadaNya akan segala sesuatu yang akan dibuat, termasuklah design Food Truck ini. Dari siapa yang akan membuat, ukurannya, internal design dan peralatan di dalamnya. Bertanyalah kepadaNya, Roh Kudus selalu akan membantu kita dalam segala sesuatu. 
Yoh 14:26 Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-KU, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.
Ukuran Food Truck, saya bingung untuk ukurannya, saya sih maunya besar, tapi Tuhan memberikan ukuran yang tepat buat kami. Pada satu malam saya bekerja di Subway, Dia memberi tahu ukurannya dengan cara yang ajaib. Jadi tempat saya bekerja sekarang itu ada di dalam Stadium dan di depan counter subway itu adalah kaca yang menembus ke kolam renang. Pada saat saya lagi memikiran ukuran tentang food truck, saya melihat diri saya terpantul di kaca dan langsung saya merasa bahwa inilah ukurang panjang dari food truck tersebut yaitu sepanjang counter subway tersebut. Terima kasih Tuhan. Memang tidak sepanjang yang saya mau tapi percayalah inilah yang tepat (Nanti saya cerita lebih lanjut di bab selanjutnya). 

Internal outfit, ini juga membuat kami kagum terhadapNya, Dia menjawab setiap doa-doa kita dengan caraNya yang ajaib, kami sudah diskusi dengan orang yang membuat food truck ini. Orang ini sangat berpengalaman dalam membuat food truck dan hasilnya sangat bagus juga. Jadi kami sudah berdiskusi dan dia sudah membuat layout untuk food trucknya. Kami pun pada malam itu berdoa kepada Tuhan untuk layoutnya apakah ini sudah tepat?  Karena ini final untuk internal outfitnya dan akan segera dibuat jika kami setuju. Saya dan keluarga pun berdoa pada malam itu dan tiba-tiba anak saya Elianna mengambil blok alphabet dari kotak mainan pada saat kami selesai berdoa dan dia mengambil beberapa huruf dan meletakkan di meja dan beberapa dia kasih kepada saya.
Inilah huruf yang dia ambil

Ini internal layout design yang kami doakan.






Pada saat kami selesai berdoa huruf itulah yang kami lihat OK. Terkejut ketika melihat itu ada di meja dan setiap saat kami merasa ada yang salah dengan food truck ini kami selalu ingat akan hal ini, Tuhan sudah jawab it's OK. Elianna pada saat itu baru berumur 2 tahun dan dari huruf A-Z dia bisa taruh 2 huruf "O" dan "K" hmmm itu bukan anak berumur 2 tahun yang melakukan itu, itu pasti Tuhan kita. 



Food Truck Arrived

Sekitar bulan Juli awal food truck kami dibikin dan orangnya bilang akan selesai sekitar akhir bulan September. Kami pun setuju akan hal ini, karena rencana kami mau jualan start dari bulan Oktober. Waktu Tuhan bukan waktu kita, Dia tahu akan waktu dan hal-hal lain yang harus disiapkan. Jadi tibalah Food Truck ini di tempat kami bulan Oktober awal, senang sekali pada saat food truck ini datang. Satu hal yang saya pikirkan adalah bagaimana parkir food truck ini di driveway saya, karena rumah kami ada di back section dan tempatnya sedikit sempit. Nah disinilah saya baru sadar, kalau food truck ini lebih panjang dari ukuran yang Tuhan kasih, wah bakal gak masuk di driveway saya, sekarang aja pas-pasan banget, ini foto gang masuk rumah saya









Pada saat food truck ini sampai di rumah, saya benar-benar tidak tahu bagaimana cara mundurin trailer ini ke drive way saya. Jadi saya dibantu sama tetangga dorongin food truck ini yang kurang lebih beratnya 1 ton, haha puji Tuhan tetangga saya itu kuat dan akhirnya bisa dimasukin ke gang rumah saya. Sekarang saya sudah belajar bagaimana mundurinnya. Tuhan mengajarkan saya untuk mundurin food truck ini di gang yang sempit, saya dilatih ditempat yang susah biar jadi expert hehe sempet ngeluh juga sih kenapa Food trucknya segede ini, padahal saya maunya lebih besar lagi, wah tidak terbayangkan apa yang terjadi kalau saya menuruti kehendak saya.

Setelah food truck sampai kami pun menyiapkan segala sesuatunya, dari design yang sudah ditempel sekarang sampai tempat site yang kami mau jualan. Kami pun menghubungi orang yang menyewakan tempat tersebut yaitu pemerintah kota Blenheim. Setelah mengapply disana kami pun berdoa agar dapat diterima dan pada saat itu kami percaya sekali bahwa tempat inilah yang telah Tuhan berikan untuk kami. Posisinya ada di pusat kota dan banyak orang lalu-lalang, pasti bagus sekali di musim panas karena kami berjualan frozen yogurt. Yakin sekali bahwa tempat ini akan baik buat kami. Beberapa minggu kemudian kami mendapatkan email dari pihak yang bersangkutan yang menyatakan bahwa aplikasi kami di-TOLAK. Apa? Tidak diterima, wah pada saat itu perasaan kami pun langsung bercampur aduk, sedih, kecewa dan banyak hal lainnya. Padahal sudah pe-de nya. Alasan ditolak karena produk yang akan kami jual berkompetisi langsung dengan kedai-kedai di radius 200m. Jadi disini ada policy nya untuk food truck tidak boleh berjualan bersebelah-sebelahan atau sekitar 200m dengan kedai yang menjual produk yang sama. 

Inilah rencana Tuhan bukan rencana kami, terus diingatkan akan ayat ini:
Yeremia 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.
Bagaimana ya, kami sudah ada food truck tapi tidak ada site untuk berjualan, dimana kami setiap minggunya ada tagihan yang harus dibayar (ada equipment yang kami masih sewa). Pusing kan kalau sesuatu tidak sesuai dengan rencana yang sudah kita rancangkan. Disaat seperti ini kita tahu bahwa Tuhan ikut andil dalam segala sesuatu dan percayalah itu mendatangkan kebaikan bagi kita sendiri. Akhirnya saya mencari tempat lain, dikarenakan kota ini kecil jadi hanya ada satu tempat lagi di tengah kota yang menyediakan tempat untuk food truck berjualan. Dia memiliki toko dengan halaman parkir yang luas dan ada satu tempat untuk site food trucknya. Saya langsung menghubungi orang tersebut untuk menanyakan apakah tempat itu disewakan, soalnya dahulu ada food truck juga yang berjualan disana tapi itu sudah lamaaaa sekali sekitar 8-10 tahun yang lalu. Kami pun berdoa dengan sungguh-sungguh dan bersatu hati agar bisa dapat tempat untuk berjualan. Seminggu kemudian orang tersebut pun memberi jawabannya. Yap, seminggu kemudian jawabannya pun bukan yang kami mau dengar. Dia menolak untuk memberikan site itu dengan alasan tidak mau pusing, dikarenakan pada saat pemilik food truck yang lama berjualan disana, banyak orang yang memakai parkirannya, dia jadi keki karena orang-orang memakai parkirannya sedangkan dia juga butuh parkiran itu untuk pelanggannya dia, tokonya dia berjualan seperti barang-barang organik.

Disaat seperti itu kami dikuatkan oleh FirmanNya bahwa segala sesuatu mendatangkan kebaikan bahkan jika kita ditolak dan tidak dapat site untuk berjualan, itu pun adalah suatu kebaikan bagi kita. Percaya? Tuhan mengajarkan kami untuk lebih percaya dan percaya lagi bahwa setiap sesuatu itu baik atau buruk (menurut pikiran kita seorang manusia) itu mendatangkan kebaikan bagi kita. Tuhan itu sayang dan baik bagi kita. Inilah ayat yang kami dapat
Roma 8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan KEBAIKAN bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. (Ditebalkan dan dibesarkan kata kebaikan LOL)
Sempat frustasi dan menyalahkan diri sendiri dan terintimidasi pada saat itu. Ini yang terjadi pada saya pada saat itu, banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang menyalahkan diri sendiri "Kenapa saya tidak apply site di forum itu lebih awal?" "Apakah salah teknik untuk applynya?(Sudah di re-apply, dengan teknik yang berbeda, tetap ditolak)" "Kenapa yah keliatannya bodoh banget, belum ada tempat tapi sudah berani bikin food truck?" Intimidasi bisa datang dari mana saja, dan merasa kita down dan tertekan. Tapi lawanlah semua itu dengan Firman Tuhan dan pegang Janji-Nya. Oh ya berbicara tentang Janji Tuhan tentang Food Truck ini, Dia sudah memberikan hal itu juga dan memberikan strategi dan vision untuk kami juga. Jadi tetap tenang dan ikut arusnya Tuhan dan tetap berdoa disaat seperti itu. Walaupun pada saat itu saya terutama sangat bingung, jadi gimana ini Tuhan? Saat itu istri saya memberikan support agar saya tetap tenang dan percaya pada FirmanNya.
Indah bilang " Dulu Tuhan janji untuk bawa ke sini (NZ) itu juga tidak mudah dan waktunya kurang lebih 7 tahun?" Wah iya ya, terus langsung ingat bahwa Tuhan kita memproses dan memurnikan kita dahulu, bukan kayak dunia ini yang selalu menawarkan sesuatu yang instan kayak mie instan hehe.

Sharing saya sekian dahulu, masih banyak sekali hal-hal lain yang mau saya sharingkan. Saya yakin semua hal yang terjadi ini membuat saya lebih dan lebih percaya lagi kepada Dia bahwa segala sesuatu mendatangkan KEBAIKAN bagi kita anak-anakNya yang mengasihi Dia. Jika kita dihajar dan dilatih sama Bapa kita, berarti kita itu disayang sama Dia. Terima kasih telah membaca sharing ini dan semoga dapat menjadi berkat dan penguatan bagi semua orang. Tuhan memberkati.





2 comments:

Anonymous said...

Hallo,

Saya sudah membaca beberapa tulisan di blog anda, suatu perjalanan hidup yang sangat menarik menurut saya.

Pada mulanya saya tertarik sekali dengan new zealand, saya mencoba mencari informasi apa saja tentang new zealand di internet, hingga suatu saat saya sampai di blog ini.

Saya ingin sekali bercerita lebih lanjut, bisakah saya mendapatkan alamat email anda?

Saya akan senang sekali jika anda bersedia menghubungi saya di kickdump@gmail.com


Salam hangat,
Andi

Hendri said...

Hi Andy

Salam kenal Andy... hehe terima kasih, perjalanan hidup bersama Tuhan selalu menarik, itulah History (His Story) di dalam hidup kita. Btw saya sudah Email andy. Okay Gbu

Post a Comment