BannerFans.com

Langkah untuk Menjadi Pengikut Kristus

Monday, July 11, 2011

Shalom,

Postingan ini adalah langkah-langkah untuk menjadi pengikut Kristus Yesus. Sedikit introduction: Kenapa saya menulis cara untuk menjadi pengikut Kristus instead of menjadi seorang pemeluk agama Kristen? 

Soalnya dari awal Tuhan tidak pernah menciptakan agama, manusialah yang menciptakannya.

Agama itu asal katanya dari bahasa Latin yaitu religio, yang artinya "tabu, rintangan, batasan". Kata religio sendiri berasal dari kata re yang berarti "kembali" dan ligare artinya "mengikat". Jadi kalau digabungkan artinya "kembali ke ikatan perhambaan". Itulah agama, sedangkan jika kita ikut Kristus, kita bebas.
Gal 5:1  Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.
Ya kita bebas dari kuk perhambaan adat istiadat nenek moyang, bebas dari kutukan mitos, dongeng, dan takhayul, bahkan bebas dari tata cara agamawi.
 Mar 7:7-9  Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia. Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia." Yesus berkata pula kepada mereka: "Sungguh pandai kamu mengesampingkan perintah Allah, supaya kamu dapat memelihara adat istiadatmu sendiri."
Jadi pengikut Kristus, kita tidak perlu lagi untuk tunduk sama tradisi apapun. Yang perlu kita ikuti hanya Alkitab alias firman Tuhan. Dari Alkitab, kita bisa tau bahwa kita bisa dengan bebas berdoa dan berkomunikasi dengan Tuhan Yesus, free style. Bagi Tuhan yang terpenting adalah kualitas hubungan kita denganNya.  Kalau kita telusuri lagi ada apa dibalik semua adat istiadat di dunia ini, pasti ujung-ujungnya mengarah ke penyembahan ke dewa-dewi kepercayaan dan sejenisnya. Jadi jika kita menuruti tradisi adat istiadat manusia dapat mendukakan hati Tuhan karena secara tidak langsung kita mendua hati.
Gal 4:9-10  Tetapi sekarang sesudah kamu mengenal Allah, atau lebih baik, sesudah kamu dikenal Allah, bagaimanakah kamu berbalik lagi kepada roh-roh dunia yang lemah dan miskin dan mau mulai memperhambakan diri lagi kepadanya? Kamu dengan teliti memelihara hari-hari tertentu, bulan-bulan, masa-masa yang tetap dan tahun-tahun.
Jadi, yang penting bukan agamanya, namun siapa Tuhannya, yaitu Tuhan Yesus. Nah sekarang sudah selesai introductionnya, berikut langkah-langkah untuk menjadi pengikut Kristus:

1. Berdoa menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat
Caranya simple, yaitu berdoa menerima Tuhan. Tidak ada doa khusus, yang terpenting di dalam doa tersebut terdapat statement bahwa kita percaya bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat, dan kita mengundang Ia untuk masuk dalam hidup kita. Untuk gambaran doanya bisa dilihat disini. Oiya, doanya mesti diucapkan dengan mulut, soalnya ada tertulis:
Rom 10:9  Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.
2. Menerima baptisan
Setelah itu, baptis. 
Act 22:16  Dan sekarang, mengapa engkau masih ragu-ragu? Bangunlah, berilah dirimu dibaptis dan dosa-dosamu disucikan sambil berseru kepada nama Tuhan!
Apakah tidak cukup hanya menerima Tuhan Yesus sebagai Allah saja? Sepenting apa sih dibaptis itu?
Luk 12:50a  Aku harus menerima baptisan..
Bahkan Tuhan Yesus diharuskan menerima baptisan. Artinya: penting sekali. Lalu, kira-kira sampai berapa lama setelah menerima Tuhan Yesus kita boleh dibaptis?
Act 8:36-38  Mereka melanjutkan perjalanan mereka, dan tiba di suatu tempat yang ada air. Lalu kata sida-sida itu: "Lihat, di situ ada air; apakah halangannya, jika aku dibaptis?" (Sahut Filipus: "Jika tuan percaya dengan segenap hati, boleh." Jawabnya: "Aku percaya, bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah.")..dan Filipus membaptis dia.
Ya, secepatnya setelah menerima Tuhan Yesus tanpa ragu pun kita boleh langsung dibaptis. Tanpa perlu memenuhi persyaratan apapun selain percaya kepada Tuhan Yesus dengan segenap hati.

Bagaimana membaptis yang benar dan sesuai dengan Alkitab? Kita telusuri dulu asal kata baptis, yaitu baptiso yang artinya dicelup, basah seluruhnya, atau keluar dari. 
Rom 6:3-4  Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.
Baptisan adalah makna kiasan dari penguburan manusia lama kita melalui Kristus. Maka, jika makna baptisan adalah dikubur tentunya seluruh tubuh yang dibaptis, bukan sebagian. Jadi yang dimaksud baptis tentunya adalah baptis selam dan bukan baptis percik.

3. Berdoa dan mencari tahu tentang Tuhan Yesus lebih dan lebih lagi
Luk 11:9  Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. 
Tuhan Yesus itu baik sekali lho. Siapapun yang mencari Dia dengan sungguh-sungguh benar-benar akan mendapatkanNya. Tuhan Yesus tidak jual mahal, malah sebaliknya. Dikala kita menjauh, Ia akan mendekat. Kepada siapapun yang mencari, Tuhan Yesus dengan tidak memandang muka, akan membukakan apapun yang orang tersebut cari. Ada tertulis:
Luk 12:31  Tetapi carilah Kerajaan-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan juga kepadamu. 
Bagi Tuhan Yesus, yang terpenting adalah mencari wajahNya. Sisanya Tuhan yang akan ambil kendali. Apa yang perlu dikuatirkan? Makanan, pakaian, karir, kesehatan, keuangan, pernikahan, anak, harta benda, rumah, mobil, persahabatan? Tuhan yang akan cukupkan semua, Tuhan Pencipta langit bumi dan segala isinya akan memenuhi apa yang kita butuhkan. Tuhan tahu, Ia mengerti. Janjinya ya dan amen.

Hal ini sangat nyata di dalam kehidupan kami. Ketika kami memutuskan untuk terus mencari wajah Tuhan dan terus mencari tahu tentang Tuhan lebih dan lebih lagi, banyak sekali hal yang Tuhan bukakan kepada kami, sampai kami terkagum-kagum, terpesona, amazed, dan tidak habis pikir mengagumi betapa dahsyatnya Tuhan itu. Bukan hanya itu saja, Tuhan pun ambil alih hal-hal dalam hidup kami, sehingga kekuatiran di hidup kami menjadi nihil. 

Ini ada janji Tuhan mengenai umatNya yang berserah penuh kepadaNya:
Jer 29:11  Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.
Garis bawahi rancangan damai sejahtera untuk memberikan hari depan yang penuh harapan. Tidak ada yang namanya nasib hidup kita mengandung kecelakaan karena memang sudah tertulis dari sananya. Tidak ada. Hal-hal buruk terjadi karena manusia memberi kesempatan kepada Iblis untuk mencobai mereka, karena manusia tersebut berbuat dosa.
Job 36:21  Jagalah dirimu, janganlah berpaling kepada kejahatan, karena itulah sebabnya engkau dicobai oleh sengsara. 
Sengsara = rancangan kecelakaan.
Jas 1:13-15  Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun. Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya. Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa itu sudah matang, ia melahirkan maut.
Luar biasa jadi pengikut Kristus, hanya ada rancangan damai saja bagi yang sungguh-sungguh menuruti firmanNya. Satu-satunya cara untuk mengetahui firmanNya adalah dengan membaca Alkitab dan meminta Tuhan Yesus sendiri yang mengajari melalui Roh KudusNya.

Nah sekarang kalau masih belum jelas bisa langsung berdoa meminta Tuhan Yesus yang memberikan pengertian bagi kita, pasti Tuhan berikan deh. Buktikan sendiri.

2 comments:

Wiliana Lim said...

shalom Ko Hendri,

ijin share di blog saya ya ^_^
thanks a lot..

Jbu

Hendri said...

Shalom ...

yep... ur welcome :)

JBU

Post a Comment