BannerFans.com

Pertanyaan Seputar Kerja di New Zealand

Wednesday, September 23, 2015

Shalom

Tulisan ini saya buat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan saudara-saudari yang berkeinginan untuk tinggal atau kerja di New Zealand (NZ). Saya mendapat beberapa komentar dari tulisan saya yang disini, jadi saya coba untuk sharing cara-cara untuk tinggal di  NZ. FYI tulisan ini hanyalah sebuah sharing dari saya bukanlah panduan mutlak, kalau saudara-saudari sudah memiliki tekad yang bulat untuk tinggal di NZ saya sarankan untuk mencari Profesional Agent yang sudah terdaftar di Imigrasi NZ. 

NZ memiliki dua pulau utama yaitu North Island dan South Island. Memiliki populasi sebesar 4.5 juta penduduk. Ibukota NZ adalah Wellington bukan Aukland ya, banyak orang yang suka salah karena Auckland adalah pusat dari perekonomian NZ dan 1 juta orang NZ ada di kota ini. Negeri ini tetangaan dengan Australia dan bukanlah bagian dari Australia ya, soalnya dulu aku mengira  NZ ini salah satu bagian dari Australia hehe. NZ salah satu negara yang termasuk di dalam commonwealth. Penduduk asli NZ adalah orang Maori yang konon katanya adalah orang-orang dari daerah timur Indonesia yang mengarungi samudra pasifik dan terdamparlah di sini. NZ memiliki tanah yang subur dikarenakan oleh aktifitas gunung berapi dan masih ada gunung berapi yang masih aktif disini. Salah satu penghasil susu terbesar di dunia dan juga buah-buahan seperti buah kiwi, apel, mandarin, plum, cherry dan lain-lainnya. Oh ya wine di sini juga terkenal loh (sekedar promosi), karena aku tinggal di kota (Marlborough) penghasil wine terbesar di NZ. Life style orang sini sangatlah santai dibandingkan dengan Indonesia. Orang sini rata-rata  kerja dari jam 9 sampai jam 5, setelah jam 5 semua toko-toko kebanyakan tutup kecuali supermarket dan restaurant ya, mereka juga sangat mengutamakan keluarga. Work hard play hard itulah salah satu slogan yang aku bisa lihat disini, mereka bekerja pagi dan sore nya mereka dapat melakukan apa yang mereka sukai ataupun menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta :).

Ini ada list pertanyaan yang sering ditanyakan atau bahasa kerennya FAQ.

Q: Bagaimanakah cara agar saya dapat tinggal di New Zealand?
A: Untuk dapat tinggal di New Zealand ada berbagai cara, pertama kita harus apply visa dari imigrasi New Zealand, apakah itu visa turis, visa kerja, visa pelajar ataupun visa residency. Ingat kalau visa sudah mau expired harus diperpanjang lagi yah, jangan mencoba untuk menjadi illegal karena itu akan membuat nama anda di black list di imigrasi NZ. Ini website untuk apply visa NZ, silahkan klik disini

Q: Bagaimana untuk mendapatkan visa kerja?
A: Banyak orang yang tanya tentang kerja di NZ, jadi saya coba bantu jawab sepengetahuan saya dan untuk informasi lebih lengkap silahkan ubek-ubek website nya imigrasi NZ. Ini dari pengalaman saya ya, untuk dapat visa kerja di NZ kita harus mendapatkan job offer dari perusahaan tersebut DAN pekerjaan tersebut haruslah  tidak ada atau shortage orang NZ untuk dapat melakukan pekerjaan di kota tersebut DAN juga memenuhi persyaratan dari immigrasi NZ.  Contoh di  kota Blenheim ini banyak teman saya dapat visa kerja di bidang kebun sebagai Supervisor Vineyard karena disini shortage untuk hal tersebut tetapi juga ada syarat dari imigrasi NZ yaitu memiliki pengalaman lebih dari 1.5 tahun. Contoh lain yang saya dengar di Christchurch dibutuhkan tenaga kerja di bidang konstruksi, seperti builder, painter l, truck driver dan yang berhubungan dengan konstruksi tetapi juga ada syarat tambahan dari imigrasi NZ misalkan memiliki pengalaman kerja selama beberapa tahun di bidangnya.

Q: Mahal gak sih biaya hidup di New Zealand? 
A: Well, soal hal ini, tampaknya sangat tergantung pribadi masing-masing ya, jujur saya pribadi menganggap biaya hidup di kota saya (Blenheim) lebih rendah dibandingkan dengan biaya hidup di Jakarta bila dibandingkan dengan pendapatan. Ini ada website yang membuat list untuk biaya hidup di NZ, silahkan klik disini. Lengkap dari harga roti sampai harga mobil dan juga ada informasi tentang berapa gaji yang kamu bisa dapatkan.

Q: Bagaimana cara saya mendapatkan pekerjaan di NZ?
A: Ya tinggal apply aja sih hehe. Ini website dimana orang NZ suka cari kerjaan, silahkan klik disini (trademe job) dan disini (Seek job). FYI NZ salah satu negara yang multicultural, jadi banyak orang luar NZ yang migrasi kesini, jadi jangan takut untuk mencoba. 

Q: Apakah saya butuh sertifikat bahasa inggris untuk bekerja di NZ?
A: Yap, hampir semua persyaratan work permit di NZ membutuhkan sertifikat bahasa inggris dan NZ memakai IELTS. Untuk score band nya itu tergantung dengan pekerjaan. Ada juga yang tidak membutuhkan IELTS jika anda dapat membuktikan bahwa bahasa inggris yang anda pakai dalam kehidupan sehari-hari. Ini link untuk itu klik disini

Q: Berapa pendapatan yang bisa saya dapat di NZ?
A: Ini tergantung dengan pekerjaan, pengalaman dan juga dimana kita tinggal, di NZ kita mendapat bayaran per jam dan gajian setiap minggu. Enaknya dibayar gaji mingguan itu jadi gak ada bulan tua hehe dan juga lebih terkontrol untuk budgetingnya. Website ini membuat list daftar pekerjaan dan juga pendapatan yang dapat diterima, silahkan klik disini.

Q: Apakah kualifikasi saya di Indonesia dapat diakui di NZ?
A: Yep, saya lulusan Binus dan sarjana saya diakui disini. Ini link nya untuk menyamakan kualifikasi anda dengan kualifikasi di NZ, silahkan klik disini.  

Q: Ada tidak caranya agar saya bisa kerja di fruit picking seperti yang Hendri lakukan?
A: Hmm, jika anda baca cerita sharing saya disini, saya memang dulu kerja di fruit picking dengan visa TRSE (Temporary Recognise Seasonal Employer) tapi visa ini sudah diganti dengan visa RSE (Recognise Seasonal Employer). Visa RSE ini memperbolehkan kita bekerja di NZ selama 6 bulan di bagian horticulture dan viticulture (Kebun bahasa gampangnya) dengan employer yang sudah mendapatkan izin untuk mengambil pekerja-pekerja dari suatu negara tertentu. Ada satu employer yang memperkerjakan orang-orang Indonesia dengan visa RSE ini. Saya hanya tahu bahwa mereka apply lewat agent di Indonesia untuk dapat datang dan bekerja disini selama 6 bulan. Mohon maaf untuk informasi agent saya tidak ketahui. Visa RSE tidak bisa di upgrade menjadi work visa. Visa ini hanya berlaku selama 6 bulan dan setelah 6 bulan pemilik visa harus pulang dan apply kembali di negara asalnya.

Q: Ada kenalan agent yang bisa bantu saya ke NZ?
A: Guys hati-hati yah sama agent karena banyak yang menawarkan bantuan eh ternyata serigala berbulu domba, duit sudah deposit abis itu orangnya lari. Saya tidak menyarankan anda memakai agent-agent "liar" dan saya tidak mengetahui adanya agent adviser yang terdaftar secara resmi di Indonesia tapi kalau di New Zealand banyak. Ini ada website agent-agent resmi yang terdaftar di NZ dan negara yang lain, silahkan klik disini. Untuk biaya agent sangatlah mahal jadi kalau bisa lakukan sendiri, saya sarankan untuk melakukan sendiri.

Q: Saya mau pindah dari Indonesia ke NZ for good, gimana caranya?
A: This is a big decision guys, jadi sebaiknya kalian hitung untung dan ruginya dulu ya sebelum memutuskan hal ini. Untuk dapat tinggal di NZ selamanya kita harus mendapatkan visa Permanent Residence (PR). Ada berbagai cara untuk mendapatkan visa PR, silahkan klik disini. Banyak jalan menuju Roma dan juga banyak cara untuk menjadi PR NZ, silahkan dibrowsing websitenya untuk mengetahui jalan mana yang cocok untuk kondisi anda.

Q: Disana ada komunitas orang Indonesia gak ya?
A: Ada dunk, orang Indonesia ada dimana-mana hehe. Biasanya mereka menghubungkan diri mereka ke KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) dan ini website KBRI di New Zealand silahkan klik disini. Dan di website KBRI ini banyak sekali informasi tentang New Zealand loh, silahkan diubek-ubek yah.

Q: Bisa tidak kerja full time atau part time selagi sekolah di NZ?
A: Jawabnya bisa tergantung dengan study yang diambil, tapi hanya 20 jam per minggunya. Ketika school holiday baru bisa kerja full time (>30 jam per minggu). Untuk informasi lengkapnya silahkan klik disini

Q: Bagaimana adapatasi di NZ? Bagaimana tingkat keamanan di NZ?
A: Untuk adaptasi di NZ, disini ada namanya Migrant Centre yang  banyak memberikan informasi kepada para migrant dari buka bank account, sewa rumah, kegiatan rohani, dan lain-lainnya. Saya merasa NZ sangat aman yah, bahkan anak-anak sekolah aja biasanya jalan balik sendirian kerumahnya, tapi ada 1, 2 kejadian kalau tidak salah di Auckland tentang penculikan anak itupun hanya terjadi 1 atau 2 x selama saya disini (8tahun). So walaupun tempat ini aman, yah kita tetap mesti waspada. Pengalaman pribadi saya, saya pernah lupa kunci mobil saya nyangkut masih di pintu di parkiran, terus saya jalan-jalan selama kurang lebih 2 jam, seingat saya mobil di sebelah saya sudah ganti, tetapi tidak ada yang hilang dan kunci masih nyangkut disana hehe. Tapi juga ada pengalaman teman saya yang rumahnya kemalinganan
 
Q:Jika mau berbisnis, pilihan bisnis yang ada apa saja?
A: Saya melihat untuk bisnis, sangat beragam sekali karena disini jual beli bisnis itu sangat biasa. Nah yang enggak enaknya itu lihat harganya hehe alias mahal. Jadi mau bisnis apa aja ada sih, coba di cek di trade.co.nz bagian business.

Q: Bagaimana sih ceritanya Hendri bisa dapet PR di New Zealand?
A: He he he saudara-saudari kalau mau tahu His-story silahkan klik disini ya. 
Untuk dapat PR nya sendiri saya yakin ini kasih karunia dari Tuhan.



Sekian dahulu ya FAQ nya, jika teman-teman ada pertanyaan seputar NZ, boleh meninggalkan komentar dan saya akan berusaha menjawab pertanyaannya di komentar  anda sehingga jikalau ada pertanyaan orang lain yang sama dengan anda, dapat juga terjawab dengan informasi yang saya miliki dan maafkan saya kalau saya tidak dapat menjawab dikarenakan saya tidak tahu hehe. Jika kalian ada di NZ, silahkan mampir ke kota Blenheim dan bisa ketemuan hehe. Kiranya  sharing ini dapat memberkati teman-teman yang berencana untuk tinggal di New Zealand.

Entah kenapa tiba-tiba terbesit dalam pikiran saya, banyak orang yang meninggalkan komentar dan email pribadinya, saya berharap saudara-saudari tidak mendapat email palsu dari seseorang yang mengatasnamakan saya dan meminta uang atau apapun itu. Saya tidak akan pernah meminta uang ataupun sesuatu lainnya. Kalau ada hal-hal yang janggal, tolong jangan ditanggapin emailnya ya, dan kontak saya lewat kolom komentar. GBU all.

NB: Saya akan berusaha membantu untuk membalas email saudara-saudari, tetapi saya sarankan untuk buka website imigrasi NZ (Klik disini) dan search sendiri dahulu yah. Nah satu tips lagi, coba di google aja pertanyaannya, terkadang mbah google sangat membantu karena saya pun terkadang memakai jasanya. Kalau yang mau tanya agent, jujur saja saya agent saya itu Tuhan, jadi langsung doa aja ama Dia yah, Dia Maha Kuasa. GBU all

299 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 299   Newer›   Newest»
Sugianto said...

Salam kenal, Hendri.
saya tertarik untuk bekerja di New Zealand, tapi pengetahuan saya amat sangat minim.

Boleh minta nama dan nomor telp dari Agent yang membantu Hendri kesana?

terima kasih y, GBU

Hendri said...

Salam kenal Sugianto

agent yang membantu saya sudah tidak bekerja lagi. Dia hanya bantu submit aplikasi turis visa yang sebenarnya bisa submit sendiri. Terima kasih sudah berkunjung. Tuhan memberkati

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Fuy Lia said...
This comment has been removed by the author.
Fuy Lia said...

Salam kenal ko hendri.
Aku lia 😃
Mau tanya, klo cr krj smbil skola d nz susah gak? dan dengan b.ingg yang minim. Tp rencana awal mau kursus bahasa dulu di nz. Krn aku ga ada sodara / tmn di sana. Thx before ko

Hendri said...

Hi Lia

Salam kenal. Dulu pas istri aku sekolah di Nz, dia juga sambil kerja paruh waktu si Nz. Banyak banyak apply kerja aja pas disini nanti. Soal bahasa inggris ya butuh penyesuaian aja, nanti juga terbiasa dengan bahasa inggrisnya kiwi (sebutan untuk orang nz).
Tuhan memberkati buat rencananya Lia.

sugianto said...

Dear Pak Hendri.

Saya diberitahu teman kalau mendapatkan visa ke new zealand itu susah, harus mendapat sponsor dari newzealand.

Kalau boleh tau. Alasan Pak Hendri apa ya sewaktu mengajukan visa?

Thx & GBU

Hendri said...

Hi Sugianto,

Hehe jadi malu untuk jawab yang satu ini. Dulu saya apply Visa turis dan alasannya yang saya tulis di visa itu yaitu mengunjungi pacar saya (Indah) yang sekarang jadi istri saya. Kalau bukan Tuhan Yesus yang berpekara, kira2 diterima apa tidak visa saya pak? Puji Tuhan bagi Tuhan tak ada yang mustahil. Kalau boleh dibilang ini sih miracle bagi saya yang pada saat itu umur saya 22 (usia produktif) bisa dapat visa turis NZ

GBU.

sugianto said...

Wah. Kalau tidak ada saudara. Pake alasan apa ya?

Oh iya. Kalau misalnya saya beli tiket dulu, apakah lebih mudah untuk dapatkan visa nya?

Thx & GBU

Hendri said...

Dulu saya beli tiket setelah dapat visa nya pak. Kalau boleh saya tahu, pak Sugianto mau ke NZ untuk apa ya?

sugianto said...

Wah. Kalau tidak ada saudara. Pake alasan apa ya? 

Oh iya. Kalau misalnya saya beli tiket dulu, apakah lebih mudah untuk dapatkan visa nya?

Thx & GBU

Anonymous said...

Hi Hendri

salam kenal, sy dengan agnes, untuk apply PR NZ apakah utk bhs inggris harus test IELTS atau cukup dengan menunjukkan certificate/diploma bhs inggris juga bisa ?
dan juga apakah untuk qualifikasi /degree dr indo diakui di NZ?

thanks in advance. :-)

Silvialin said...

Hi Hendri, Saya Silvia, bagaimana mengurus visa kerja NZ di Indonesia? Pacar saya warga negara Nz, syarat -syarat apa saja yg saya perlukan? Saya lulusan Sastra Mandarin, pekerjaan apa saja yang bisa saya dapatkan? Thanks

Hendri said...

Hi Silvia.

Coba check di website resmi ini untuk mengurus visa kerja NZ di indonesia http://www.vfsglobal.com/newzealand/indonesia/

Pekerjaan bisa apa aja ya. Coba check trademe.co.nz bagian jobs. Gbu

Hendri said...

Hi Agnes

Ielts minimal 5.5 kalau tidak salah. Dan untuk pekerjaan tertentu seperti dokter mesti lebih tinggi.
Untuk kualifikasi Indonesia saya sudah taruh link nya di atas. Thx Gbu

Ahmad Arif said...

Hi, hendri..
Kalau mekanisme bawa istri disana bagaimana ya..
Apa dengan deviden visa juga?
Ada syarat-syarat tertentu misalnya minimal penghasilan?

Terimakasih..

Putri said...

Halo Hendri salam kenal.. Saya ingin konsul nih. Rencana saya akan ambil spesialis kedokteran di luar negeri, NZ menjd slh 1 pertimbangan. Nah saya nntinya akan dibantu dgn lembaga inggris international bernama KAPLAN. Yg ingin saya konsulkan, apa lembaga seperti Kaplan ini betul baik utk menunjang saya? Atau adakah cara lain yg lbh baik utk saya tempuh? Mengingat utk kedokteran hrs mengikuti penyetaraan USMLE, saya fikir sulit utk mengurus sendiri. Ada kemungkinankah? Hendri tentu jauh lbh berpengalaman smg dpt menuntun saya. Terimakasih banyak :)

Hendri said...

Shalom Ahmad

Salam kenal ya. Untuk visa istri setahu saya kalau suaminya dapat visa kerja atau visa study ( jurusan masster)lebih dari atau 1 tahun, istrinya bisa apply partnership visa.

Untuk penghasilan tampaknya tidak ada yah.

Gbu

Hendri said...

Hi Putri,

Saya doakan biar Putri bisa sekolah kedokteran di LN.

Untuk lembaga KAPLAN jujur saya tidak tahu mekanisme mereka, kalau mereka mau bantu dengan tidak ada kontrak yah kenapa tidak ya, soalnya ada lembaga yang mau membantu tetapi ada yang mesti balik ke indo setelah kita selesai kuliah ( biasa nya universitas yang bantu) dan mesti kerja sama mereka selama beberapa tahun. Kalau mereka bantu untuk bisa dapet in Permanent resident wah itu bagus sekali.

Saya tidak begitu mengerti untuk USMLE dan kedokteran biasanya ielts nya mesti tinggi score nya. Semoga berhasil putri Gbu.

shinta said...

Halo Pak Hendri. Salam Kenal. Saya shinta. Apakah lebih baik bekerja sambil bersekolah di NZ atau langsung melamar utk bekerja di NZ?
Jika sy ingin bekerja di NZ, bisa kah apply dari Indonesia atau hrs tinggal dulu di NZ?
Bila ingin tinggal di NZ, brp biaya cash yg hrs di bw sebagai penunjang hdp di sana?
Tmk infonya :)

Hendri said...

Halo Shinta, salam kenal. Terima kasih sudah mampir di blog ini.

Peluangnya lebih besar kalau bersekolah di NZ sambil cari kerja part time daripada melamar lgs di NZ. Tapi juga ada chance untuk lgs dapat kerja kalau Shinta memiliki skill yang dibutuhkan oleh NZ.

Apply kerja bisa lewat dari Indo dan lebih murah biayanya daripada mau kesini dan tinggal disini.

Bila mau tinggal di NZ. Cash minimal $2000 untuk sebulan.

Terima kasih. Tuhan memberkati

Muhammad Fakhrun said...

Salam Bang Hendri, saya sangat tertarik dengan tulisan anda. bisakah saya minta no telpon Agent yang bantu anda dan istri sewaktu dijakarta. Saya a\berniat untuk hijrah ke NZ tahun ini.

Terima kasih banyak

Hendri said...
This comment has been removed by the author.
Hendri said...

Salam Muhammad Fakhrun

Terima kasih sudah mampir ke blog ini. Agent yang pernah membantu saya dan istri untuk mendapatkan visa itu sudah tidak bekerja lagi. Dan juga mohon maaf kontaknya udah tidak ada lagi. 

Kalau ada yg saya bisa bantu, nanti tanya lagi aja ya. Gbu

Noegstore said...

Salam kenal bang hendry..saya dan istri serta dua anak saya sangat ingin bisa bekerja dan pindah ke NZ..dengan harapan dan tujuan agar anak2 saya bisa mendapatkan kehidapn dan pendidikan yang jauh lebih baik daripada di indo..saya bekerja di perusahaan telekomunikasi sudah 10 tahun apakah pengalaman kerja tersebut bisa bermanfaat saat saya apply job untuk di NZ? Meskipun tidak ada sertifikasi dari skill yang say miliki di telekomunikasi. Satu lagibang hendri...kalau bekerja di sektor farming atau agriculture begitu apakah harus sy kesampingkan background pengalaman kerja saya? Saya sendiri tidak keberatan untuk memulai lagi dari nol . terimakasih sebelumnya atas informasi yg sudah di share..saya berharap bisa berkomunikasi / konsultasi terus sm bang hendri.. Terimakasih

Hendri said...

Salam kenal juga bung Noegstore.

Tujuan anda bagus sekali untuk anak2 dapat mendapat pendidikan yang lebih baik. Menurut saya kalau anda bekerja di bidang telekomunikasi, dicoba aja untuk apply kerja dibagian sana, jadi untuk dapat apply Pr lebih mudah karena pengalaman anda.

Untuk sektor agriculture saya rasa ada skill telekomunikasi yang bisa dapat anda pakai. Cantumkan aja dalam cv nya.

Okey semoga berhasil. Tuhan memberkati

Unknown said...

Shalom & Salam Kenal Mas Hendri... sudah seminggu ini saya bolak balik di blog sampean. Dan banyak membaca tulisan bung Hendri. Kalau berkenan boleh di share email nya. Supaya bisa Japri nanya2 nya. Thank you. GBU.

Hendri said...

Shalom juga

Mau tanya apa ya? Emailnya apa ? Nanti aku email in sampean aja. Gbu

ROYALE WOODS & IRON said...

Hai Hendri, saya Max, kalau saya ambil visa holiday dulu, lalu disana saya apply kerja, lebih mudah dapat kerja ga ya? atau lebih baik saya apply dulu dr indonesia? untuk orang indonesia disana ap ada diskriminasi? saya mau cb kesempatan bekerja disana..mohon infonya,boleh minta emailnya? email saya timothymaxmillian@gmail.com GBU

Hendri said...

Salam kenal Max.

Ada plus nya jika Max dateng kesini dulu dan apply kerja. Perusahaan disini dapat bertemu muka dan interview langsung yang membuat chance diterima kerja lebih besar. Down side nya yah kalau gak dipanggil untuk interview bakal costly sekali untuk tinggal disini tanpa ada kerja, jadi tergantung Max mau gimana.

Jelek-jeleknya nih kalau udah sampe sini terus gak dapet kerja setidaknya sudah bisa jalan2 di NZ. Hehe

Nanti saya email secara pribadi.
Btw blog Royale wood and iron bagus tuh. Itu hasil karya Max ya?
Gbu

Johan Gouw said...

Hai ko hendry, saya johan. Saya minat untuk pergi ke NZ cuma masih banyak pertanyaan nih ko. Boleh ngobrol2 di email ko? Emailku johangouw@hotmail.com thanks before ya ko.

Hendri said...

Hi Johan

Salam kenal. Saya sudah Email lewat fb anda hehe kebetulan ketemu fb nya. Jadi lebih mudah Message nya. Thanks and Gbu.

chubby chic said...

Halo Ko Hendri. Salam kenal. Aku Anita. pengen nanya info ttg NZ. Boleh tlg email ke nit_notz80@yahoo.com? Thx. Gbu

chubby chic said...

Halo Ko Hendri. Salam kenal. Aku Anita. pengen nanya info ttg NZ. Boleh tlg email ke nit_notz80@yahoo.com? Thx. Gbu

Ernah Anson said...

shalom pak hendri..sya ernah dari malaysia.. lagi mau nanya kalau mau pergi new zealand untuk kerja itu gimana ya.. kerna mau pergi sna sendirian kok lagi ngak ada teman...pertama kali ke luar negara lagi..tapi masa dlm rancangan belum dikonfirm lagi..

Ernah Anson said...

kalau bisa email saya di ernah20yoyo@gmail.com

fitria chandrawati said...

Shalom ko,

Sy mau tanya2 seputar NZ.. email saya fitriachandrawati@yahoo.co.id
Thx before ya ko.. gbu

Hendri said...

Shalom fitria chandrawati

Saya memutuskan kalau mau bertanya langsung aja di Blog ini agar orang orang lain yang mempunyai pertanyaan yang sama dapat terbantu juga. Terima kasih. Gbu

Hendri said...

Shalom Ernah Anson

Untuk ke New zealand harus memiliki visa kerja untuk kerja legal di NZ. Gbu

tan linawaty said...

Halo Hendri,

Nama saya Lina, Desember kemaren dapet rejeki bisa jalan2 ke NZ 2 minggu dan Sydney 1 minggu. Dan saya suka banget dengan NZ karena bener seperti yg Hendri bilang, di NZ sangat balance antara kerja dan kehidupan pribadi. Jam 5 sore, toko2 dan kantor2 tutup, dan saya liat penduduknya hangout di cafe atau stay at home, beda banget dengan Jakarta yah.

Anyway, tertarik sih untuk cari kerja di NZ, dan ga tau kenapa, saya suka dengan Queenstown dan Wellington.

Umur saya sekarang sudah 38 tahun, apa masih memungkinkan untuk dapat kerja di NZ yah saat ini, apalagi dengan kondisi ekonomi yg kurang kondusif juga?
Saat ini saya sudah bekerja 15 tahun lebih di Acct dan Finance.

Pengen tanya2 ama Hendri, kalau bisa japri, ini email saya relen42001@yahoo.com.

Many thanks, Hendri
GBU

Bobby Salim said...

Hi ko Hendri,

Saya Bobby dari Surabaya.
Tanggal 12 Feb sampai di Wellington untuk cari kerja.
Boleh ngobrol2 mengenai kehidupan di NZ? Email n fb saya bobbysalim1993@gmail.com

Thanks before n GBU

Bobby Salim said...

Hi ko Hendri,

Saya Bobby dari Surabaya.
Tanggal 12 Feb sampai di Wellington untuk cari kerja.
Boleh ngobrol2 mengenai kehidupan di NZ? Email n fb saya bobbysalim1993@gmail.com

Thanks before n GBU

Khendroid said...

Hi Hendri,

Salam kenal saya lagi coba coba cari peruntungan di NZ, saya sudah bekerja di IT selama 13 tahun tapi saya tertarik untuk kerja di sektor agrikultur khususnya diary farm tapi belum ada pengalaman apakah ada kesempatan utk itu? Ini email saya khendy.redya@gmail.com kalau berkenan kita bisa ngobrol tq

Anonymous said...

Hallo Hendri...
salam kenal.., bisa minta alamat emailnya?? sy mau nanya2 nih.. thks.
email sy: pribadi_budi@yahoo.com

Dolly said...

Hallo hendri,
saya bertanya masalah kesempatan kerja di NZ,ini email saya dollysimanjuntak38@gmail.com
GBU

Unknown said...

Hi Hendri,
Saya berminat bermigrasi ke NZ, background saya 15 th pengalaman sebagai senior sekretaris, kira2 pointnya lumayan ngga untuk masuk kualifikasi?
Terima kasih.

Dessy Aderina said...

Hi Hendri,
email saya di dessyaderina@gmail.com, saya mau tanya tanya mengenai NZ. Terima kasih

Noegstore said...
This comment has been removed by the author.
Hendri said...

Hi noegstore..

Indonesia gak ada working holiday di NZ, adanya di Ausi.

Thanks GBU

Anonymous said...

Halo ka hendri,
Saya mahasiswa tingkat akhir desain interior dan punya mimpi bekerja di new zealand, apakah ada tips2 step apa saja yg hrs dilakukan dan dipersiapkan dr skrg? Lalu bagaimana dunia kerja disana? Terimakasih

gits r said...

Syalom. Sy gitta..klo mau ke NZ bawa duit 500jt..utk modal usaha di NZ..kira2 cukup gak.. Trus klo klo buka usaha di NZ itu apa lsg bs dpt PR

Herdanu Yudistira Putra said...

pak handri, apakah ada info tentang agen di indonesia membawa pekerja ke new zealand untuk kerja fruit picking tersebut?

Hendri said...

HiAnonymous

Pertama kalau mau kerja disini paling penting bahasa inggrisnya kalau bisa menyertakan surat ielts score 6. Kemudian coba trus cari kerja disini lewat website yang sudah saya berikan di atas. Dan juga memberikan protofolio desain2 yang sudah pernah anda buat.

Dunia kerja disini ya, pada umumnya kerja mulai dari pukul 8-5, jam 10 atau coffee break, jam 12/1 lunch kemudian jam 3 ada coffee break lagi dan jam 5 pulang :D. Sabtu minggu biasanya libur. Terkadang sabtu juga kerja setengah hari. tergantung perusahaan masing2. Terima kasih GBu

Hendri said...

Hi Gita.

Untuk buka bisnis disini tampaknya 500jt agak kurang ya. Tapi tergantung bisnis apa yang mau dibeli, ada yang harga segitu tapi juga ada yang mahal.

Untuk jadi PR lewat bisnis coba check disini https://www.newzealandnow.govt.nz/move-to-nz/new-zealand-visa/visas-to-invest/entrepreneur-visa

Hendri said...

Hi Herdanu

nanti saya coba cari tanya teman saya ya. GBu

Herdanu Yudistira Putra said...

wah terimakasih banyak pak Hendri kalo mau membantu.
ditunggu kabarnya

Vinny said...

Shalom Hendri,

Salam kenal saya Vinny, terima kasih telah menjadi berkat bagi kami article kamu sangat informative tq once again for kind share to us, really helping.

Me & my partner pernah study di Australia years ago and beberapa bulan lalu ada kerinduan kami untuk untuk move back Oz dan saat saya berkonsultasi dengan agent education saya yang dahulu beliau merekomendasikan NZ, kami berencana u/ apply PR, apa sekarang kamu sudah PR? dan jika boleh di share untuk agent/ associate yang kamu gunakan? / whats your opinion about settle down di NZ? based your own experience.. / is there any information to purchase property out there/ the community ?

Kami berdoa jika Tuhan berkenan akan dilancarkan, and semua akan terjadi dalam kehendak Nya, Amen.

Keep intouch hopefully we can reach each other someday,GBU and Family abundantly thank you Hendri.

Respectfully yours,

Vinny W
vinny@gapuraprima.com

Hendri said...

Hi Vinny

Terima kasih dah mampir ke blog. New Zealand bagi kami adalah tanah perjanjian yang dijanjikan Tuhan kepada kami. Coba dibaca beberapa cerita kami sebelumnya.


Puji Tuhan kita sudah dapat PR NZ.

Saya berdoa agar kehendak Nya yang terjadi untuk Vinny dan patnernya.

Kalau main keBlenheim, silakan kunjungi kita disini.
Tuhan memberkati.

Renita P said...

Halo Hendri, terima kasih untuk blognya yang banyak memberikan informasi mengenai New Zealand dan juga kesaksian2 yang luar biasa tentang Hendri dan keluarga


Hendri, saya sekeluarga (dengan 2 anak) berencana ingin migrasi, New Zealand tampaknya tempat yang tepat. Kami masih terus bergumul. Rencana saya akan kuliah lagi di sana. Saya pernah mendapat informasi, jika salah satu orang tua ambil kuliah, anak2 bisa sekolah di public school dengen biaya yang murah, sama dengan anak domestic. Kemudian pasangan bisa dapat work permit 40jam seminggu.
Apakah betul Hendri?

Kalo boleh saya minta emailnya Hendri untuk bisa bertanya lagi mengenai New Zealand.

Terima kasih ya sebelumnya.
God bless you...

Salam,
Renita
renita077@gmail.com

Anugerah Grace said...

Shalom hen,saya abraham bobby dari jkt mempunyai 2 orang anak,ssya ingin sekali kerja disana dgn usia diatas 45 thn apa bisa dpt job disana,masuk dgn visa turis dan ssmpe sanaa baru ganti work permite .thq

Anugerah Grace said...

Shalom hen,saya abraham bobby dari jkt mempunyai 2 orang anak,ssya ingin sekali kerja disana dgn usia diatas 45 thn apa bisa dpt job disana,masuk dgn visa turis dan ssmpe sanaa baru ganti work permite .thq

Anugerah Grace said...

Shalom hen ini email saya graceevg777@gmail.com Gbu

Anugerah Grace said...

Hen boleh minta email kamu,ada yg mau saya nanyain,email saya graceevg777@gmail.com

Yefri Ndaumanu said...

Shalom bang Hen. Apa kabar ?
Ini saya mau tanya.
saya berencana ingin pindah ke NZ bersama pacar saya yg besiknya org belanda. Qta tinggal di bali and berencana akan pindah ke NZ one day. Yg ingin saya tanyakan adalah ini menurut pacarr sayaa kalau qta memiliki uang bayk maka lebih gampang masuk dan tinggal di NZ ? Saya ragu karna menurut saya kalau org indonesia akan di persulit. Dan juga apakah gampang mendapat status permanent resident walau tidak memiliki saudara atau kluarga yg tinggal di NZ.
Terima kasih
shalom
sheva

aoh mubarok said...

Salam bro Hendri,
Ane mo tanya, kakak ane apply job di internet singkat cerita dapet response dr mereka dan mereka akan kirim offering letternya this week, yg ane mo tanya apakah ini beneran karena ane khawatir penipuan karena tiket pesawat mereka yg cover. Mohon advise nya dr bro Hendri.

Thanks,
Aoh

Tiara Aulyah said...

Koh hendri mau nanya aku lulusan SMK Pertanian jadi ada bnyak pengalaman di sekolah untuk memetik buah mengurus ternak atau tanaman atau packaging dsb di bidang pertanian dan saya sangat tertarik untuk bekerja di NZ, itu aku dapet beberapa email dri Job sources farm karena aku pernah daftarin email aku buat dpt info job dsna nah untuk apply beberapa file(ID card, ijazah, sertificate dsb), jika file tsb dalam bahasa Indonesia (pertanyaannya basic sih) apa kita punya kewenangan sendiri untuk mentranslete atau melalui lembaga resmi kalo melalui agent itu mahal banget aku pernah dapet infonya itu ada dari pengesahan notaris dan translete dokumen tersumpah (dan iti semua diurus agent) tapi tetep mahal banget kalo bsa ngerjain sendiri why not? Dan itu biasanya kalo kita dpt offer letter baru bsa bkin visa kan? (Krna syarat bkin visa ada offer letter) dan tiket pesawat dan akomodasi ditanggung perusahaan apa kita sndiri? Terima kasih

Hendri said...

@Yefri Ndaumanu

Untuk masuk ke NZ dengan visa turis memang mesti ada duit di tabungan kita. Itu untuk membuktikan kalau kita mau liburan di NZ. Dana yang dibutuhkan itu 1000NZD/bulan. Gampang atau tidaknya itu tergantung dengan syarat2 yang kita penuhi, kalau kita memenuhi semua persyaratan yang ada saya rasa bisa dapat NZ visitor visa. Untuk Resident saya sudah bahas cara lain di tulisan ini.

@Aoh Mubarok.
Kalau company nya mau bayarin tiket pesawat dan juga buatin work visa, kayaknya bukan nipu. tapi kalau companya minta duit dan sebagainya saya akan sangat berhati-hati. Coba di cek lagi aja apa company nya dan kalau mereka minta duit yah berarti tukang tipu itu. Tuhan memberkati

@Tiara Aulyah
Wah skill kamu itu bagus dan dibutuhkan disini. Tinggal kamu cari pekerjaan dan job offer aja saya rasa kamu bisa dapat work permit di NZ.

Untuk translate, saya kurang tahu yang di Indonesia, tapi waktu saya translate ijazah saya dan SIM saya disini itu cukup mahal, satu lembarnya mau $40 NZD. Kalau yang ijazah cuba buka www.NZQA.govt.nz

Biasanya yah kalau untuk kerja di dairy farm tiket nya dibayarin 1/2 ama perusahaannya. Tergantung sama perusahaannya juga sih, kalau perusahaan yang bagus enak, kalau perusahaannya kurang bagus kadang-kadang gak dibayarin. Terima kasih dan Tuhan memberkati

Anugerah Grace said...

Shalom hen,saya abraham bobby,thanks utk reply ke email saya,karena banyak blog yg saya liat itu gak jelas,hanya di blog kamu yg luar biasa,Gbu

deri said...

salam ko hendri
sebulan atau 2 bulan nnti ada rencana nih pergi ke NZ buat kerja tpi pake visa turis, mau tny2 sedikit hehe
klo overstay di sana gimana sanksi nya yah? terus sering ga rajia visa yg overstay di NZ?
kalau berkenan nnti sampai di NZ boleh ga mampir2 kerumah ko hendri disana? maklum baru pertama x mau nyebrang kerja ke negeri orang.. masih agak buta2 soal negara luar :)

Hendri said...

Salam Deri

Niat kamu sudah gak baik. Jangan bikin malu nama Indonesia. Visa turis gak bisa buat kerja itu ilegal. Mau overstay lagi. Kalau mau kerja disini pakai jalur yang benar yah. Jangan bikin nama Indonesia tercoreng dengan banyaknya tenaga kerja ilegal. Saya berdoa biar visa turismu dibatalkan jika niat mu untuk kerja ilegal disini. Gbu

deri said...

salam ko hendri
kalau dari visa turis bisa di ganti ke visa kerja ga klo udah dapat kerjaan disana?

Donny Cornelius said...
This comment has been removed by the author.
Donny Cornelius said...

Dear pak Hendri,

Pertanyaan saya sama dengan pak Herdanu diatas.

Apakah ada info tentang agen di indonesia membawa pekerja ke New Zealand untuk kerja fruit picking?

Nama saya Donny Cornelius, email saya: skyisnotthelimit84@gmail.com
Mohon bapak berkenan untuk membalas melalui email, terima kasih.

Herdanu Yudistira Putra said...

oya email saya herdanuyudistira@gmail.com ya pak Hendri, ditunggu info penyalur tng kerjanya itu pak

Hendri said...

@Deri

Iya bisa dari visa turis ke visa kerja asal ada job offer dan jobnya termasuk dalam skilled migrant.

@Donny Cornelius and Herdanu Yudistira Putra
iya saya akan coba tanya lagi sama teman saya, tapi saya gak janji ya. soalnya waktu itu pernah nanya ama dia, cuma orangya agak tidak terbuka soal agent yang di Indonesia. Nanti saya coba tanyakan lagi sama dia. Tuhan memberkati.

Anonymous said...

Shalom Hendri.sy evi jkt.lg niat moving ke nz..usaha sy di indo hopeless..boleh minta email nya? Dan boleh sy mampir di nz? Ini alamt email sy..cahayabaru_las@yahoo.com
Tuhan Yesus berkati

hari bero said...

salam mas hendri, saya hari ohh ya kalau boleh minta info agen penyalur tenaga kerja yg d perkebunan di NZ mas, ini email saya haribero91@gmail.com

hari bero said...

salam mas hendri, saya hari ohh ya kalau boleh minta info agen penyalur tenaga kerja yg d perkebunan di NZ mas, ini email saya haribero91@gmail.com

Rehulina Mpoel said...

shalom mas hendri, saya ingin tahu lebih banyak tentang NZ. Adakah sekolah animasi yang bagus di sana untuk anak berkebutuhan khusus? Mohon balas ke email saya laubuaten@gmail.com. Banyak banget yang ingin saya tanya.
Terimakasih. Tuhan memberkati

akhomsani said...

Salam kenal koh hendry, saya ingin tahu lebih banyak tentang NZ. saya hanya lulusan sma dan sebenarnya dari tahun 2007 sudah sangat tertarik untuk sekolah, tinggal dan bekerja di nz email saya akhomsani@gmail.com. Banyak sekali yang ingin saya tanya ke koh hendry
Terimakasih. Tuhan memberkati

zaidan said...

Salam mas hendri saya andy...ada yang nawaran kerja petik buah anggur di nz..dan dia memang sdh bolak balik ke nz utk kerja musiman dan itu visanya kayaknya resmi..mungkin aku aplay visanya bln nov 2016. Yg sy tanyakan apakah nanti kalau setelah dpt visa kerja dan apa bisa diterusin ngajukan pr..trims sy tunggu balasanya

Hendri said...

@Zaidan : Salam kenal mas Zaidan. Menurut cerita yang mas beritahu saya, untuk teman mas Zaidan memegang visa RSE, yang tidak bisa apply untuk PR. Visa RSE hanya musiman dan tidak dapat diganti dengan visa lain. Tapi coba di konfirm lagi dengan teman Mas Zaidan. Terima kasih.

Hendri said...

@Hari Bero

Salam Mas Hari. untuk agentnya saya belum dapat informasi. Saya belum sempat ketemu sama teman saya yang kerja di kebun. Nanti saya coba tanyakan kepada dia. Tuhan memberkati

Herdanu Yudistira Putra said...

mas andy/zaidan boleh diinfo gak tentang kerjaannya ke herdanuyudistira@gmail.com

saya mau juga untuk kerja petik buahnya

thanks ya

hari bero said...

mas andy bisa minta infonya kerja ke new zealand, ini email saya haribero91@gmail.com

Ika Maharani Ratri said...

Dear Ko Hendri,

Salam kenal saya Ika, saat inj usia 22th. Ijazah terakhir yg saya pegang masih SMK di bidang IT (SMK Telkom Sandhy Putra Malang) specific nya sih di ijazah bagian Computer Networking.

Saya sempat kuliah Komunikasi di Telkom univ. Tapi gak sampai lukus sih. Krn niatnya lebih suka ke arah culinary.

Selama ini saya ada pengalaman kerja sebagai Personal Assistant (secretary), marketing, PR.

Saya punya rencana untuk mencari kerja di NZ, meskipun tidak sesuai dengan background pendidikan saya sih gak masalah. Tapi dengan ijazah SMK IT itu apa warted untuk cari kerja disana?

Saya juga ada rencana untuk sekolah culinary sih, tapi pengennya bisa biayain sekolah sendiri jadi mau kerja dulu ?

Boleh di bantu sarannya ya, bagaimana ttg kesempatan saya untuk mencari kerja disana ?

Thanks for ur time yah Ko..
GBU

Osana412 said...

Bro Hendri, mau dong informasi mengenai PR di NZ, saya sangat tertarik untuk migrasi kesana. Saat ini usia sy sudah 36 dan berkeluarga dengan anak 1, apakah masih memungkinkan? Untuk skill, sy punya banyak skill namun latar belakang adalah teknik elektro.
Email saya: andrew.osana@osana412.com
Thnx alot bro.. Tuhan Yesus memberkati..

ahmad arifin said...

Saya ahmad lulusan SMA,apakah bisa kerja ke NZ.

ahmad arifin said...

Saya ahmad lulusan SMA,apakah bisa kerja ke NZ.

Brilly Julian said...

Syalom kak, saya ingin menanyakan info tentang tinggal di NZ, boleh saya minta email nya ?

Terima kasih, Tuhan berkati

Kristina simanjuntak said...
This comment has been removed by the author.
dul_jiz said...

Salam kenal Kak, nama saya Aziz,umur 20thn,
Saya ingin ngapply visa RSE,,tapi posisi masih di BAHRAIN Timur tengah,,,kalo misal ngapply dari BAHRAIN sini apa bisa ya Kak,??? Thanks,

Kristina simanjuntak said...

Shalom Ko Hendri,
Saya sangat tertarik untuk kerja di NZ tapi ada pertanyaan yg ingin sy tanyakan.
apakah saya harus apply visa dulu sebelum mendapatkan pekerjaan di NZ atau sebaliknya?
Jika saya harus apply visa dulu, apakah di kedutaan akan ditanyakan untuk apa sy memproses visa? jika iya, apakah sy hrs menjawab untuk melamar pekerjaan sedangkan saya belum mendapatkan pekerjaan disana? apakah saya hrs punya certificate IELTS sebagai salah satu syarat?
jika berkenan bisa dibalas disini: randisiagian25@gmail.com
Terimakasih ko Hendri. Shalom TYm

Hendri said...

Shalom Ika...

Tidak ada mustahil jika Tuhan sudah buka jalan. Doa dan tanya sama Tuhan apakah NZ adalah tempat yg Tuhan mau anda disini. Tuhan memberkati

Hendri said...

Shalom Brilly Julian

Email situ apa. Nanti saya Email

Hendri said...

Hi Ahmad Arifin

Bisa bro. Asal ketemu jalannya, pasti bisa ya

Hendri said...

Halo

BTW mau tanya nih. Situ apply lewat agent mana? Thx

Hendri said...

Shalom Kristina

Nanti saya email. Gbu

dul_jiz said...

Maksudnya,,,gini Kak,,
Untuk pengajuan visa apakah diharuskan saya hadir langsung di embbasy NZ yg ada di sini gitu hehehehehe maaf ngawur nanyanya,,,hehehehehe,,apakah bisa via online sama embbasy NZ yg ada di Jakarta,??

dul_jiz said...

Saya juga mau Kak di email,,,
Step by step gitu Kak hehe,
dul_jiz95@yahoo.Co.id
Makasih Kak,,

Ricky Wirianto said...

Shalom ko Hendri, keren ko blog nya.
Info sekaligus link web buat pantau-pantau informasi nya jelas banget.
Saya mau nanya, pertanyaannya sama banget kayak Kristina Simanjuntak.
Boleh di forward emailnya ke saya ga ko?
Kalau berkenan tolong forward jawabannya buat kak Kristina ke rickywirianto3@gmail.com :)
Oh yaa, saya udah selesai kuliah (tepatnya udah lulus sidang , belum wisuda) penjurusannya Ilmu Komunikasi, Broadcasting.
Peluang kerja media di NZ terbuka banget ga ya ko buat pekerja dari Indo?
Kalaupun engga di media, peluang buat jadi Public Relations (PR) gimana ya disana?
Thank you so much ko!

Ricky.

carolina windson said...
This comment has been removed by the author.
imelda wahyu said...

Shalom Hendri, saya Imelda... berniat menyekolahkan anak saya Deborah ke tingkat SMA di New Zealand, saat ini masih SMP kelas 2. Dan saya ingin punya pekerjaan sambil menunggui anak saya sekolah. Langkah2 apa saja yang harus saya lakukan? Terimakasih. Tuhan Yesus memberkati.

Hendri said...

Hi Imelda Wahyu

Untuk Sekolah SMA disini tinggal di daftarin aja, pilih sekolahnya trus nanti anaknya dapat Visa Student. Tapi tampaknya untuk orang tuanya tidak bisa dapat Work visa, hanya bisa dapat visa turis, jadi tidak boleh kerja. Apply visanya di Immigrasi NZ atau Dubes NZ di indo setelah anda dapat dokument2 dari Sekolah SMA di NZ. GBU

Benny Suwanto said...

Ko hendri .saya Benn ada rencana mau moving ke nz taon depan bersama istri n anak . Kalo boleh saya minta info tempat tinggal yang murah dan tempat sekolah kindergarden buat anak saya di nz . Email:bennysuwanto_49@gmail.com
Maaf dah ngerepotin ko hendri . Terima kasih ko hendri

Benny Suwanto said...

Maaf saya revisi email saya
Bennysuwanto49@gmail.com

Benny Suwanto said...

Maaf saya revisi email saya
Bennysuwanto49@gmail.com

Benny Suwanto said...

Ko hendri .saya Benn ada rencana mau moving ke nz taon depan bersama istri n anak . Kalo boleh saya minta info tempat tinggal yang murah dan tempat sekolah kindergarden buat anak saya di nz . Email:bennysuwanto_49@gmail.com
Maaf dah ngerepotin ko hendri . Terima kasih ko hendri

Donny Cornelius said...

@zaidan

Mas Zaidan salam kenal, mohon infonya untuk agen yang memberangkatkan ke NZ untuk pekerjaan fruit picking tersebut.

Email saya: skyisnotthelimit84@gmail.com

Terima kasih.

Donny Cornelius said...

@zaidan

Mas Zaidan/ Mas Andy salam kenal, mohon infonya untuk agen yang memberangkatkan ke NZ untuk pekerjaan fruit picking tersebut.

Email saya: skyisnotthelimit84@gmail.com

Terima kasih.

Donny Cornelius said...

@Henri

Terima kasih pak Henri sudah mau membantu saya menanyakan.

Tiffany Mina said...

Pak henrii...sya mau nanya nih..kalo mau kerja di sana harus sarjana semua kah?saya mau banget kerja di saana..mau cari suasana baru..

Hendri said...

Hi bro Benny

Coba di check di link ini untuk tempat tinggal
https://www.newzealandnow.govt.nz/living-in-nz/housing/
Untuk kindergarten biasanya dapat free kalau ada working permit. Semoga rencananya berjalan lancar. Kalau udah di NZ, kabarin kita ya. Gbu

Hendri said...

Hi Tianna Mina

Enggak mesti sarjana. Yang penting ada skill yang dibutuhkan Oleh NZ. Memang kalau ada degree ada nilai plusnya. Gbu

hari bero said...

ohh ya?? koh hendri, gimana apa sudah ada info dari teman koh hendri yg kerja di perkebunan

agustina simbolon said...

selamat malam pak hendri..
saya mau tnya ttg kualifikasi..saya msh ga paham meskipun sudah buka link nya..
ini email saya, agustine2408@gmail.com
thanks

Gunardi Sanjaya said...

Kak hendri... bs minta bantu info kerjaan di farm gak. Skrg saya sdh di nz. Tp blm dpt kerjaan. Kl ada info kerjaan email ke ekonomat80@gmail.com. tq kk atas perhatian nya

Gunardi Sanjaya said...

Kak hendri... bs minta bantu info kerjaan di farm gak. Skrg saya sdh di nz. Tp blm dpt kerjaan. Kl ada info kerjaan email ke ekonomat80@gmail.com. tq kk atas perhatian nya

Gunardi Sanjaya said...

Kak hendri... bs minta bantu info kerjaan di farm gak. Skrg saya sdh di nz. Tp blm dpt kerjaan. Kl ada info kerjaan email ke ekonomat80@gmail.com. tq kk atas perhatian nya

Benny Suwanto said...

Makasich banget informasi nya ko hendri.

Benny Suwanto said...

Makasich banget informasi nya ko hendri.

Suarda Made said...

Hallo Hendri, saya dari bali minta info tentang bekerja di NZ, bisa hub saya di msnorthbali@gmail.com terima kasih atas respond nya..

Januar said...

Hai Hendri,bisa diinformasikan employer yang khusus mempekerjakan orang Indonesia sebagai fruit picker. Saya tertarik utk kerja di NZ tetapi kemampuan bahasa inggris saya kurang. Kalau ada info bisa email saya di roborovski22@gmail.com. Thanks sebelumnya. GBU

margareth said...

Hi Ko Hendri salam kenal.. aku margareth.

thank God pas lg cari ttg stay di NZ nemu blog ini. aku bacain detail dr awal.. dan buka link yg ada. very usefull. thank you...

mau brtanya nih,
1. kalau aku apply online & keterima apa husband + baby 7 months ku bs ikut?

2. aku background hotel industry 11 years. sales marketing, banquet sales, wedding sales, pernah handle food & beverage service juga di awal kerja. apa di NZ dunia hotel berkembang sperti di jkrta? apa byk hotel bintang 5 setara shangrila, hilton, jwmarriot, four season disana? krn setau aku (maaf klo salah) NZ lbh ke agriculture yg hijau2. klo jkrta byk hotel krn kota modern yg berkembang pesat. tp dibanding move to USA aku lbh sreg ke NZ (gak tau knp hati bilang bgitu) sedang di doakan sih apakah Tuhan ijinkan aku ke NZ. aku jg ingin baby lbh hidup lebih baik dr segi udara, pendidikan dan ke depan nya.

3. klo apply working visa biasa dpt brp bulan ya ko? krn kontrak kerja biasa nya adalah 1 year.

4. koko disana gereja dmn? ini jg yg aku pikirin.. hihii.. jgn krn kerja trus gak bs ibadah.


email ku jo_zefanya@yahoo.com
mohon guidance nya.

thank you ko Hendri.
JBU and Family

Unknown said...

maaf ko ralat question no.1 mksud nya aku ada apply working by online di salah satu hotel.. kalo aku keterima stlh proses interview ny skype tentu nya.. apakah si baby ku yg br 7 bulan + husband bisa ikut??

Thx Gbu

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Hendri said...

Maaf bro, belum ketemu ama orgnya. Saya coba bulan depan untuk ketemu orgnya ya. Gbu

hari bero said...

siap koh, ane tunggu kabar baiknya :)

Donny Darmawan said...

Hello pak Hendri^^

Saya Donny Darmawan , saya baru lulus sekolah tahun ini. Dan saya ingin apply perkerjaan di NZ. Apakah di NZ welcome terhadap Fresh Graduate seperti saya ini? Saya berpengalaman di bidang Hospitality dan Restaurant karna sering part time di Indonesia. Mohon di jawab pertanyaan saya ini pak :)

Bisa kah pak Hendri menghubungi saya di Email ? Alamat email saya : donnydarmovic@gmail.com

Banyak hal yang ingin saya konsultasikan kepada bapak agar saya bisa mendapatkan pengetahuan lebih luas lagi.
Terimasih, salam hormat^^

Donny Darmawan said...

Hello pak Hendri^^

Saya Donny Darmawan , saya baru lulus sekolah tahun ini. Dan saya ingin apply perkerjaan di NZ. Apakah di NZ welcome terhadap Fresh Graduate seperti saya ini? Saya berpengalaman di bidang Hospitality dan Restaurant karna sering part time di Indonesia. Mohon di jawab pertanyaan saya ini pak :)

Bisa kah pak Hendri menghubungi saya di Email ? Alamat email saya : donnydarmovic@gmail.com

Banyak hal yang ingin saya konsultasikan kepada bapak agar saya bisa mendapatkan pengetahuan lebih luas lagi.
Terimasih, salam hormat^^

Anonymous said...

Hii Hendri,
Saya Lina.. Saya dan keluarga berencana apply PR NZ.. Saya ingin tanyakan apakah perlu menyertakan bank reference? Soalnya waktu kmrn saya apply PR Canada mereka minta itu.. Tq ya Gbu

Hendri said...

Hi Lina. Salam kenal. Dulu waktu saya apply lewat jalur SMC. Diminta pay slip di tempat kerja saya dan bank statement juga. Gbu

Hendri said...

Hi Lina. Salam kenal. Dulu waktu saya apply lewat jalur SMC. Diminta pay slip di tempat kerja saya dan bank statement juga. Gbu

Zevany said...

Hai ko Hendri, wah saya jg mau banget krja d nz. Dan lg cari info cr bikin visa working nya. Mohon doanya ya ko biar diterima, klo awal2 saya bkin visa temporary work tp baru mulai cari kerja pas uda sampe nz bisa kan ya ? Atau hrs dpt krj dl ? Jd pesimis saya.

Anonymous said...

hi Hendri..blog km bagus n informatif..keren banget kamu mengucap syukur dengan berbagi informasi utk orang lain..Tuhan berkati kamu n keluarga mu selalu ya..salam dari wellington.Tris

Hendri said...

Halo...

Terima kasih buat komentarnya. Puji Tuhan semuanya buat Dia. Kalau turun ke south, maen2 ke rumah ya. Salam balik dan Tuhan memberkati anda. ☺

mali budi said...

Hi hendri

Saya rencana mau apply enterpreneur visa bisa email nga untuk tanya2 email saya sydneynsw64@yahoo.com

Unknown said...

Hi hendri,
Saya dulu kuliah di nz dan ingin kembali kesana.. Apakah bisa kita apply kerja dr website seek.co.nz dr sini dan mendapat kerja. Saya saat ini bekerja di kl berharap bisa ke nz lagi. Tq email sata yakobus.sandi@gmail.com

Unknown said...

Hi hendri,
Saya dulu kuliah di nz dan ingin kembali kesana.. Apakah bisa kita apply kerja dr website seek.co.nz dr sini dan mendapat kerja. Saya saat ini bekerja di kl berharap bisa ke nz lagi. Tq email sata yakobus.sandi@gmail.com

Unknown said...

Hi hendri,
Saya dulu kuliah di nz dan ingin kembali kesana.. Apakah bisa kita apply kerja dr website seek.co.nz dr sini dan mendapat kerja. Saya saat ini bekerja di kl berharap bisa ke nz lagi. Tq email sata yakobus.sandi@gmail.com

. said...

Hi, ko hendri..
bisa di forward em,ail. seputar info kerja fruit picking di NZ, step by step proses dan agent yg bisa membantu pengurusan sampai pemberangkatan . trimaksih ....

. said...

mohon untuk rekan2 semua yg udah dapet info agent yg bertanggung jawab bisa di share...
di sini
mohon email jg ke sy izal_lazi@rocketmail.com

Anonymous said...

Hii Hen, woo ok ok thanks ya infonya... Gbu

yudi said...

Dear ko Hendri

Shallom, salam kenal, saya yudhi

Mohon bantuan info mengenai applying job di NZ, kami berencana move Dan saat ini istri baru mencari info scholarship, Dia guru, kindergarten Dan junior high school, sementara saya, I'm not sure with my own professional background, a banker, micro segment, saya yakin di NZ tdk ada segment ini, saya ingin apply for any job di sana, fruit picking, ato resto, anything, mohon bantuan info di email saya ko, mikosaft@gmail.com, many thanks, GBU

Indah S.Sidharta said...

Halo ko Hendri,

Bagaimana caranya untuk meribah visa turis kita ke visa kerja ? dan untuk awal datang ke sana utk sewa apart/cari tmpt tinggal gimana ya prosesnya ?thanks. GBU

Hendri said...

Untuk merubah visa turis ke bisa kerja mesti ada job offer. Untuk sewa tempat tinggal, tinggal cari aja disingkat. Banyak yg sewain kamar gitu. Gbu

Unknown said...

Bro untuk job offer that means employeer harus kasih sponsor ke calon employee yang masih pakai visa turis tersebut, apakah mau mereka kasih sponsor utk bisa apply visa kerja?

Deliana Deliana said...

Shallom Pak Hendri,

Saya ingin bertanya bagaimana kondisi New Zealand untuk pasar kerja part time ( Supermarket / Restaurant ) soalnya saya mendengar di sana susah mendapatkan kerja. Apakah benar?

Tuhan memberkati.
Liana

Hendri said...

@unknown : Iya mereka mesti kasih job offer ke calon employee nya. Nah itu dia bro, ada yang mau, ada yang tidak mau. Soalnya prosesnya tidak begitu easy. Mereka harus mengisi formulir dan ditanya2 sama pihak imigrasi dan DOL (departemen tenaga kerja disini) Mereka harus menjelaskan kenapa mereka tidak bisa employ orang Kiwi (lokal).

@deliana Halo, mungkin sama jawabannya kayak si unknown, Kalau ada work permit untuk dapat pekerjaan di supermarket dan restaurant relatif gampang-gampang susah. Tapi kalau dari visa turis trus apply kerja di supermarket/restaurant kayaknya agak mustahil kecuali kalau dapat offer sebagai Supervisor atau Manager.

FYI : Orang sini suka orang yang kerja keras. Akhir-akhir ini banyak employer yang mengeluh karena orang kiwi (lokal) terutama yang muda2 tidak begitu reliable. So ini kesempatan buat tenaga kerja asing untuk masuk. God Bless

russell royce said...

Thanks bro for the info.
Sy prefer dapat offer from employer aja biar legal jalannya.. hehe.
Tapi bro Henry apa bisa info web web jobs yg biasa offer job buat foreign worker?
Kalau ada tolong info ya bro.
GBU... salam - russell

Unknown said...

Hello bro Hendri!
saya sangat ingin kerja di NZ. Apakah mungkin fresh graduate dr Indonesia (tanpa pengalaman kerja) mendapatkan visa kerja dan pekerjaan disana? btw saya sudah pernah mengunjungi NZ sebagai turis, apakah itu akan membantu? Thanks

Panji nugraha said...

Hello bro Hendri...,
saya mau tanya dong.klo misalkan ingin menetap diNZ apakah kita hrs mempunyai asuransi jiwa trlbih dahulu di indonesia dan apakah kita hrs mempunya tabungan jg diindonesia misalkan minimal kita pnya Rp 50 jta?

Freedom said...

hi hendri, saya lulusan smk bisa kah kerja disana? misalnya bisa, tuntun saya agar bisa kerja disana, gbu

Hendri said...

Hi Russell

Saya gak tau ada Web untuk foreign worker. Tapi saya yakin ada. Coba di google

Hendri said...

Hallo

Dicoba aja bro. Kalau gak dicoba kan tidak tahu. Yang bisa bantu kayaknya job offer dan dokumen dokumen yg lain. Gbu

Hendri said...

Halo Panji

Ini untuk apply visa turis apa kerja ya? Waktu saya kesini pak visa turis saya gak ada asuransi jiwa. Waktu itu tabungan saya cuma $1000nzd waktu itu kurs 7ribu buat 1 dollar, jadinya saya dapat 1 bulan visa turis karena minimum di tabungan mesti ada $1000. Hehe lebih banyak yah lebih baik sih. Gbu

Hendri said...

Hi

Maaf pak saya bukan agent kerja. Saya rasa kalau ada usaha pasti kebuka jalannya. Coba jalur RSE. Dan doa jg ya. Gbu

Anonymous said...

salam ko hendri
nama saya novi ko
rencana akhir tahun ini saya mau kerja ke new zealand
tapi saya masih minim info cara penggurusan visa nya ko
jika berkenan mohon bantuan info nya ko
ke email ynov66@yahoo.com
terima kasih

Andi Suradi said...

Hi hendri,sy Andi suradi. Gimana cars utk dapatkn work permit bekerja d new zealand? Mohon bantuan,TUHAN saja membalas kebaikan anda.

Andi Suradi said...

Ini emel sy pak hendri,peps288@yahoo.com

inlycampbell said...

Hi ko Hendri, di blenheimnya tinggal disebelah mana, ko? kebetulan aku mayan bolak balik NZ, tinggalnya di blenheim juga.. siapa tahu next time kesana, bisa ketemu ko Hendri.. AKu di springlands area.. Inly

Russell R said...
This comment has been removed by the author.
Fransiska Yanti Anata said...

Hai hendry saya yanti..rencana suami sya oktober ini akan bernagkat ke nz untk kul post graduate diploma jurusan it...kul di sit durasi almost 2yr invercargill....rencana setelah kul akan bekerja n menetap di nz...jalur pr yang cocok apa ya...bisa bantu ? Many thanks for info..

Ivan Lee said...

Hi Bang Hendri,

Salam kenal, saya dengan Ivan Lee dan saya tertarik banget untuk bisa pindah ke NZ...

Sedikit latar belakang pendidikan saya, saya lulusan Perhotelan Trisakti dan saat ini saya sudah berkeluarga dan sudah mempunyai anak, menurut Bang Hendri apakah saya masih memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan di NZ...

APa boleh saya minta email pribadinya Bang Hendri, ini alamat email saya leesmart83.il@gmail.com

Thanks for sharing, God bless you always...

Best Regards,

Ivan Lee

Hendri said...

Halo Yanti, jalur PR yang bisa ditempuh mungkin EOI ya. Asal dapat kerjaan sesuai skill/pendidikan kita, kita bisa aplly PR. Gbu

Prasetyo Wibisana said...

Hii... Bang Hendri..
Salam Kenal.. Saya Wibi dan Saya tertarik banget bisa kerja di NZ..
BTW blognya keren niie :)..

Sedikit background saya, saya lulusan pendidikan bahasa inggris di undiksha.. sempet kerja beberapa bulan sebagai guru honorer, Bang Hendri pasti tau kan gimana nasib guru honorer di indo dan akhirnya saya banting stir kerja di restoran sebagai waiter...
Kira-kira dengan background saya yang seperti ini apakah bisa dapat kerjaan sebagai waiter atau fruit picking? Masalah visa juga masih kurang info.. Mohon Bantuannya bang...

Kalau boleh bisa bagi info emailnya bang, ini email saya prasetyowibisana@gmail.com

Terimakasih... Salam sejahtera...

dul_jiz said...

Mas Hendri salam kenal,,,mas mau nanya,,kalo misal sudah dapet visa RSE,,trus disana cari2 kerja di resto/kafe gitu ,,visanya apa harus ganti dengan visa kerja,,lha,untuk cars mengganti visa tersebar apakah bisa digubris di new Zealand,apa harus pulang dulu ke Indo,,,Dan persyaratane buat nguras visa kerja tsb apakah susah atau gimana?? ,,,Kalo nggak keberatan bisa reply ke email saya mas dul_jiz95@yahoo.co.id

Unknown said...

shaloom ko hendri, mau nanya nih ko, kalo buat kerja di farming gitu apa perlu ielts atau toefl ya ko? dan tips untuk mecari kerja di bagian farming tersebut gmn ya bang kita dapat infonya? need your advice ko... hehe
kalo bisa kita sharing di email ya ko, ini emal saya, soedonorisky@yahoo.com
terimakasih ko, salam, God Bless You :)

Marvin said...

Shalom Ko Hendri

Puji Tuhan dan terima kasih atas sharing2nya, saya merasa sangat terberkati disini setelah melihat tulisan2 Ko Hendri dan Ci Indah. Terlebih lg bagi saya berencana untuk melanjutkan S2 dan bekerja di NZ/OZ. Juga saya mau tanya tentang bagaimana penghidupan gereja disana kalau kita pindah ko? Mgkn boleh minta emailnya jg di marvin.muljadi@hotmail.com untuk sharing lebih lanjut.
Juga mohon bantuan doanya ya..

Terima kasih
Tuhan Yesus berkati selalu

Handoko Kurniawan said...

Selamat siang ko Hendri, saya Handoko dari Indonesia. Kalau boleh saya mau tanya2 seputar tinggal di NZ soalnya anak saya besok September akan berangkat ke Invercargill untuk sekolah dan rencananya saya dan istri hendak menyusul anak saya secepatnya. Kalau berkenan bisa kirim email ke Vinco.ndok@yahoo.com.sg Terima kasih

Unknown said...

Saya kiki anak lulusan ptn teknik elektro dan saya juga punya sertifikat bahasa inggris tingkat nasional, apakah tenaga saya bisa dibutihkan di nz menjadi engineer

Kevin Dwisandy said...

Halo ko hendri...saya mau tanya soal kerja di bagian farming itu perlu IELS ga ? bagusnya cari dari pas kita masi di Indo atau pas setibanya di sana juga ga pa2 ?
tolong tips nya y ko, kalo berkenan boleh kirim e mail ke kevindwisandy@yahoo.com

Dhea Karina said...

Hi Mas Hendri, salam kenal

Saya Dhea,seneng kali nemu blog ini, makasih ya mas udh kasih bbrp info ttg NZ...

mau nanya bbrp gpp ya:)...suami ada niat mau kuliah diploma sipil dsna tp klo dana kami cuman cukup untuk kuliah tahun pertama apakah nnti bisa mencukupi biaya tahun kedua dengan kami berdua kerja dsna?dsna ada yg bisa menyediakan student loan untuk international student ga mas?lalu jika para orang tua kerja biasanya anak anak bagaimana pulang sekolah?bisakah dititipkan ke daycare?

bisa minta emailnya mas ke dhea_karina@yahoo.com

terima kasih banyak mas sebelumnya...GBU

Miss if said...

Shalom Ko Hendri,

sy Efraim,mo nanya info seputar nz, krn sy rencana mo berkunjung ke tmpt pacar saya dan saya mau cari pekerjaan disana.. jika berkenan boleh minta emailnya ko, ke efraimna@gmail.com

thanks before, God bless you

Unknown said...

shalom ko hendri, saya emtee dari Palembang.

rencana bulan depan saya akan mengikuti kursus bahasa di NZ hanya 3 bulan dan mengajukan visa turis , jika selama homestay.. apa bisa sambilan kerja part time buat uang jajan sendiri ??apa itu nanti ilegal.. jika saya mengganti visa kerja untuk melanjutkan kuliah disana apa bisa , butuh konfirmasi lebih ko .. tlong di email ke vj_emte.modmonsther3994@yahoo.com, shalom .. Jesus Bless You,

Danny Aguswahyudi Suharto said...

syallom ko hendri ,,

saya danny ,, masih umur 22 tahun ..saya ingin kerja di new zealan , tp saya lulusan SMA ,, apa bisa ya ? mohon infonya ko ... bisa lewat email saya ..." danny.mahkota@gmail.com "

Thx u ko

Anonymous said...

SHALOM ko hendri...
Saya Ann.planning mau ke nz august ini, boleh tolong beri sedikit info tempat tinggal..ingin ke sana dengan visitor visa baru apply kerjaan. Boleh tolong info hazzelac@hotmail.com..thanks

sufandy adyan said...

salam mas hendri, saya syamsul ohh ya kalau boleh minta info agen penyalur tenaga kerja yg d perkebunan di NZ mas,krn sy ingin punya pendapat yg mampu menampung keluarga dan skrng PR Malaysia ini email saya zaqkaputra@yahoo.com.my

Anonymous said...

Shalom ko hendri,

aku sma istri ada rencana mw kerja d nz ko.
aku mau tanya ko, kalo misalnya kta dapet visa RSE. ntar bisa d upgrade jd working visa gk y?

thankyou and god bless,
email saya Hartanto_wijaya92@hotmail.com

Anonymous said...

Salam Ko Hendri, Saya Ko Juan mau bertanya tentang bekerja dan stay di NZ.
Apakah dengan modal ratusan juta ( misal 300 juta rupiah ) bisa buka usaha laundry disana ? Dana apakah dengan dana spt itu bisa mengurus semua biaya per ijinan sampai toko laundry buka dan bisa jualan ?
Mohon info nya ko hendri.
Bila berkenan, ko hendri bisa email saya dan add fb saya di jjuanda@hotmail.com
ohya, btw saya juga lulusan binus.
terima kasih

Meilisa8899 Wang said...

Salam ko Hendri, saya Meilisa dari Pontianak mau bertanya seputar NZ, saya berencana ingin bersekolah di NZ, apakah saya dapat bekerja part time? Sedangkan katanya toko toko mulai tutup pada jam 5?
Saya sangat berterimakasih sama ko Hendri bila ko Hendri berkenan menjawab pertanyaan saya dan saya sangat berharap Ko Hendri dapat email saya untuk dapat bertanya lebih jelas seputar NZ.
Email : meilisa321@gmail.com
Terima kasih
Tuhan memberkati

Meilisa8899 Wang said...

Ralat email : meilisawang321@gmail.com

Jeanny Hu said...

Hai Ko Hendri,
Thanks for sharing this info about NZ.
Saya jeanny mau minta diforwardkan jg info step2 utk apply visa kerja di nz dan syarat2/dokumen apa aja yg dibutuhkan. Ini alamatku 33jeanny@gmail.com Thanks banget bantuannya ko. Shalom.

Jeanny Hu said...
This comment has been removed by the author.
Jeanny Hu said...
This comment has been removed by the author.
Jeanny Hu said...

Btw pas baca storynya, pas bgt ultah aurelia, hbd for aurelia, semoga doa2nya selalu dijawab sama Tuhan.

Jeanny Hu said...
This comment has been removed by the author.
Jeboh Hartoyo said...

Mas Hendri...aku hanya bisa mengucapkan salam hormat dan salut untuk koko. Begitu sabar dan telatennya menjawab seluruh pertanyaan. Hebat..hebat. terima kasih ku ucapkan.

Anonymous said...

Halo Bung Hendri - salam kenal dan salam bahagia

Blog dan artikel yang menarik, hangat dan informatif.

Berikut beberapa pertanyaan, mungkin bisa ditambahkan di list FAQ:

1. Adaptasi di NZ, gampangkah?
2. Tingkat keamanan di NZ, anak seusia SD bisa pergi sekolah sendiri dengan aman?
3. Jika mau berbisnis, pilihan bisnis yang ada apa saja?

Terima kasih.

Adita

Hendri said...

@Jeboh

Thank you bro.... GBu

Anastasia Sulastri said...

Nama sy Anastasia Sulastri mau membantu temen temen sy,mau memberangkatkan mereka bersama sama.semoga mereka berhasil diNZ.doakan ya semoga mereka diberkati TUHAN YESUS,tapi sy bukan agent ya.salam sejahtera

Anonymous said...

hi ko hendri


nama saya max saya mau banget migrasi ke new zealand ..apakah dengan visa turis aja kita bisa kerja disana..dan apakah disana kerja2 kasar cleaning service dll mudah dapat kan nya..thx before

Hendri said...

@Anastasia Sulastri

Tuhan memberkati, semoga berhasil yah. Kalau sudah sampe di NZ main2 ke Blenheim yah. GBu

Hendri said...

Hi Max

Kalau visa turis itu cuma untuk melancong dan tidak legal untuk bekerja di NZ. Jadi daripada black list lebih baik jangan. Coba cari jalan lain yang legal, soalnya kalau benar-benar mau migrasi ke NZ jangan sampe nama kita di Black list di imigrasi karena untuk selamanya akan sangat susah mendapatkan Resident visa. GBU Max

hari bero said...

mbak Anastasia Sulastri bisa minta alamat emailnya

dibilate adi said...

hallu kak hendri,sy diana dari malaysia.. mau nanya,kiranya sy mau ke NZ taun hadapan,jadi kalo bole saya tahu apa muduh untk org luar bekerja d sana, taun lalu sy uda ke australia dan kembalinya awal taun ini,karna visa pelawatnya uda tamat tempoh,dan selama d australia sy itu bekerja jadi illegal..jadi taun hadapan sy pengen mencuba d NZ cuma ngak tau g mana pengurusan visa ke sana apa sma kaya australia ya?tq kak

dibilate adi said...

shallom kak handry, kiranya kalo gampang dapat job d nz,sy ingi membuat visa yg betul ngak kaya d oz terpaksa bkerja as illegal dan pasti itu salah benar,mohon kak handry tunjuk ajar ya gimana bisa kerja as legal d nz,sy xmau bekerja seperti d oz krna bukan hanya membahayakn diri sndiri tapi malah merosakkn imej negara sndiri,lagi pula bekerja as legal kn memudahkn untuk kluar masuk negara jika harus kemali ke negara asal untuk urusan penting..terima kasi ya kak hendry..ini email sy mohon kak handry bantui in ya..Tuhan memeberkati
dian_dyna57@yahoo.com

Anonymous said...

Mba tolong bantu saya...ingin bekerja di bidang pertanian atau apapun untuk step dlm hidup.. email saya lana170512@gmail.com

Ario oktavia said...

malam pak hendri untuk memasarkan kebaya dan sejenis lapak fashion di new zeland gimana?
perkiraan disana membaik ga untuk komunitas fashion

Hendri said...

Hi Aria

Wah ide yang bagus menurut saya. Kenapa tidak dicoba. Coba kontak KBRI NZ untuk event2 fashion yang ada di NZ. Mana tau mereka mau sponsor jg.

«Oldest ‹Older   1 – 200 of 299   Newer› Newest»

Post a Comment