BannerFans.com

Pertanyaan Seputar Kerja di New Zealand

Wednesday, September 23, 2015

Shalom

Tulisan ini saya buat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan saudara-saudari yang berkeinginan untuk tinggal atau kerja di New Zealand (NZ). Saya mendapat beberapa komentar dari tulisan saya yang disini, jadi saya coba untuk sharing cara-cara untuk tinggal di  NZ. FYI tulisan ini hanyalah sebuah sharing dari saya bukanlah panduan mutlak, kalau saudara-saudari sudah memiliki tekad yang bulat untuk tinggal di NZ saya sarankan untuk mencari Profesional Agent yang sudah terdaftar di Imigrasi NZ. 

NZ memiliki dua pulau utama yaitu North Island dan South Island. Memiliki populasi sebesar 4.5 juta penduduk. Ibukota NZ adalah Wellington bukan Aukland ya, banyak orang yang suka salah karena Auckland adalah pusat dari perekonomian NZ dan 1 juta orang NZ ada di kota ini. Negeri ini tetangaan dengan Australia dan bukanlah bagian dari Australia ya, soalnya dulu aku mengira  NZ ini salah satu bagian dari Australia hehe. NZ salah satu negara yang termasuk di dalam commonwealth. Penduduk asli NZ adalah orang Maori yang konon katanya adalah orang-orang dari daerah timur Indonesia yang mengarungi samudra pasifik dan terdamparlah di sini. NZ memiliki tanah yang subur dikarenakan oleh aktifitas gunung berapi dan masih ada gunung berapi yang masih aktif disini. Salah satu penghasil susu terbesar di dunia dan juga buah-buahan seperti buah kiwi, apel, mandarin, plum, cherry dan lain-lainnya. Oh ya wine di sini juga terkenal loh (sekedar promosi), karena aku tinggal di kota (Marlborough) penghasil wine terbesar di NZ. Life style orang sini sangatlah santai dibandingkan dengan Indonesia. Orang sini rata-rata  kerja dari jam 9 sampai jam 5, setelah jam 5 semua toko-toko kebanyakan tutup kecuali supermarket dan restaurant ya, mereka juga sangat mengutamakan keluarga. Work hard play hard itulah salah satu slogan yang aku bisa lihat disini, mereka bekerja pagi dan sore nya mereka dapat melakukan apa yang mereka sukai ataupun menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta :).

Ini ada list pertanyaan yang sering ditanyakan atau bahasa kerennya FAQ.

Oh ya temen-temen, sekarang aku ada channel youtube. Ini nama chanel nya hendri in kiwi land, silahkan klik disini . Ditonton ya dan jangan lupa untuk disubscribe. Thank you

Q: Bagaimanakah cara agar saya dapat tinggal di New Zealand?
A: Untuk dapat tinggal di New Zealand ada berbagai cara, pertama kita harus apply visa dari imigrasi New Zealand, apakah itu visa turis, visa kerja, visa pelajar ataupun visa residency. Ingat kalau visa sudah mau expired harus diperpanjang lagi yah, jangan mencoba untuk menjadi illegal karena itu akan membuat nama anda di black list di imigrasi NZ. Ini website untuk apply visa NZ, silahkan klik disini

Q: Bagaimana untuk mendapatkan visa kerja?
A: Banyak orang yang tanya tentang kerja di NZ, jadi saya coba bantu jawab sepengetahuan saya dan untuk informasi lebih lengkap silahkan ubek-ubek website nya imigrasi NZ. Ini dari pengalaman saya ya, untuk dapat visa kerja di NZ kita harus mendapatkan job offer dari perusahaan tersebut DAN pekerjaan tersebut haruslah  tidak ada atau shortage orang NZ untuk dapat melakukan pekerjaan di kota tersebut DAN juga memenuhi persyaratan dari immigrasi NZ.  Contoh di  kota Blenheim ini banyak teman saya dapat visa kerja di bidang kebun sebagai Supervisor Vineyard karena disini shortage untuk hal tersebut tetapi juga ada syarat dari imigrasi NZ yaitu memiliki pengalaman lebih dari 1.5 tahun. Contoh lain yang saya dengar di Christchurch dibutuhkan tenaga kerja di bidang konstruksi, seperti builder, painter l, truck driver dan yang berhubungan dengan konstruksi tetapi juga ada syarat tambahan dari imigrasi NZ misalkan memiliki pengalaman kerja selama beberapa tahun di bidangnya.

Q: Mahal gak sih biaya hidup di New Zealand? 
A: Well, soal hal ini, tampaknya sangat tergantung pribadi masing-masing ya, jujur saya pribadi menganggap biaya hidup di kota saya (Blenheim) lebih rendah dibandingkan dengan biaya hidup di Jakarta bila dibandingkan dengan pendapatan. Ini ada website yang membuat list untuk biaya hidup di NZ, silahkan klik disini. Lengkap dari harga roti sampai harga mobil dan juga ada informasi tentang berapa gaji yang kamu bisa dapatkan.

Q: Bagaimana cara saya mendapatkan pekerjaan di NZ?
A: Ya tinggal apply aja sih hehe. Ini website dimana orang NZ suka cari kerjaan, silahkan klik disini (trademe job) dan disini (Seek job). FYI NZ salah satu negara yang multicultural, jadi banyak orang luar NZ yang migrasi kesini, jadi jangan takut untuk mencoba. 

Q: Apakah saya butuh sertifikat bahasa inggris untuk bekerja di NZ?
A: Yap, hampir semua persyaratan work permit di NZ membutuhkan sertifikat bahasa inggris dan NZ memakai IELTS. Untuk score band nya itu tergantung dengan pekerjaan. Ada juga yang tidak membutuhkan IELTS jika anda dapat membuktikan bahwa bahasa inggris yang anda pakai dalam kehidupan sehari-hari. Ini link untuk itu klik disini

Q: Berapa pendapatan yang bisa saya dapat di NZ?
A: Ini tergantung dengan pekerjaan, pengalaman dan juga dimana kita tinggal, di NZ kita mendapat bayaran per jam dan gajian setiap minggu. Enaknya dibayar gaji mingguan itu jadi gak ada bulan tua hehe dan juga lebih terkontrol untuk budgetingnya. Website ini membuat list daftar pekerjaan dan juga pendapatan yang dapat diterima, silahkan klik disini.

Q: Apakah kualifikasi saya di Indonesia dapat diakui di NZ?
A: Yep, saya lulusan Binus dan sarjana saya diakui disini. Ini link nya untuk menyamakan kualifikasi anda dengan kualifikasi di NZ, silahkan klik disini.  

Q: Ada tidak caranya agar saya bisa kerja di fruit picking seperti yang Hendri lakukan?
A: Hmm, jika anda baca cerita sharing saya disini, saya memang dulu kerja di fruit picking dengan visa TRSE (Temporary Recognise Seasonal Employer) tapi visa ini sudah diganti dengan visa RSE (Recognise Seasonal Employer). Visa RSE ini memperbolehkan kita bekerja di NZ selama 6 bulan di bagian horticulture dan viticulture (Kebun bahasa gampangnya) dengan employer yang sudah mendapatkan izin untuk mengambil pekerja-pekerja dari suatu negara tertentu. Ada satu employer yang memperkerjakan orang-orang Indonesia dengan visa RSE ini. Saya hanya tahu bahwa mereka apply lewat agent di Indonesia untuk dapat datang dan bekerja disini selama 6 bulan. Mohon maaf untuk informasi agent saya tidak ketahui. Visa RSE tidak bisa di upgrade menjadi work visa. Visa ini hanya berlaku selama 6 bulan dan setelah 6 bulan pemilik visa harus pulang dan apply kembali di negara asalnya.

Q: Ada kenalan agent yang bisa bantu saya ke NZ?
A: Guys hati-hati yah sama agent karena banyak yang menawarkan bantuan eh ternyata serigala berbulu domba, duit sudah deposit abis itu orangnya lari. Saya tidak menyarankan anda memakai agent-agent "liar" dan saya tidak mengetahui adanya agent adviser yang terdaftar secara resmi di Indonesia tapi kalau di New Zealand banyak. Ini ada website agent-agent resmi yang terdaftar di NZ dan negara yang lain, silahkan klik disini. Untuk biaya agent sangatlah mahal jadi kalau bisa lakukan sendiri, saya sarankan untuk melakukan sendiri.

Q: Saya mau pindah dari Indonesia ke NZ for good, gimana caranya?
A: This is a big decision guys, jadi sebaiknya kalian hitung untung dan ruginya dulu ya sebelum memutuskan hal ini. Untuk dapat tinggal di NZ selamanya kita harus mendapatkan visa Permanent Residence (PR). Ada berbagai cara untuk mendapatkan visa PR, silahkan klik disini. Banyak jalan menuju Roma dan juga banyak cara untuk menjadi PR NZ, silahkan dibrowsing websitenya untuk mengetahui jalan mana yang cocok untuk kondisi anda.

Q: Disana ada komunitas orang Indonesia gak ya?
A: Ada dunk, orang Indonesia ada dimana-mana hehe. Biasanya mereka menghubungkan diri mereka ke KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) dan ini website KBRI di New Zealand silahkan klik disini. Dan di website KBRI ini banyak sekali informasi tentang New Zealand loh, silahkan diubek-ubek yah.

Q: Bisa tidak kerja full time atau part time selagi sekolah di NZ?
A: Jawabnya bisa tergantung dengan study yang diambil, tapi hanya 20 jam per minggunya. Ketika school holiday baru bisa kerja full time (>30 jam per minggu). Untuk informasi lengkapnya silahkan klik disini

Q: Bagaimana adapatasi di NZ? Bagaimana tingkat keamanan di NZ?
A: Untuk adaptasi di NZ, disini ada namanya Migrant Centre yang  banyak memberikan informasi kepada para migrant dari buka bank account, sewa rumah, kegiatan rohani, dan lain-lainnya. Saya merasa NZ sangat aman yah, bahkan anak-anak sekolah aja biasanya jalan balik sendirian kerumahnya, tapi ada 1, 2 kejadian kalau tidak salah di Auckland tentang penculikan anak itupun hanya terjadi 1 atau 2 x selama saya disini (8tahun). So walaupun tempat ini aman, yah kita tetap mesti waspada. Pengalaman pribadi saya, saya pernah lupa kunci mobil saya nyangkut masih di pintu di parkiran, terus saya jalan-jalan selama kurang lebih 2 jam, seingat saya mobil di sebelah saya sudah ganti, tetapi tidak ada yang hilang dan kunci masih nyangkut disana hehe. Tapi juga ada pengalaman teman saya yang rumahnya kemalinganan
 
Q:Jika mau berbisnis, pilihan bisnis yang ada apa saja?
A: Saya melihat untuk bisnis, sangat beragam sekali karena disini jual beli bisnis itu sangat biasa. Nah yang enggak enaknya itu lihat harganya hehe alias mahal. Jadi mau bisnis apa aja ada sih, coba di cek di trade.co.nz bagian business.

Q: Bagaimana sih ceritanya Hendri bisa dapet PR di New Zealand?
A: He he he saudara-saudari kalau mau tahu His-story silahkan klik disini ya. 
Untuk dapat PR nya sendiri saya yakin ini kasih karunia dari Tuhan.



Sekian dahulu ya FAQ nya, jika teman-teman ada pertanyaan seputar NZ, boleh meninggalkan komentar dan saya akan berusaha menjawab pertanyaannya di komentar  anda sehingga jikalau ada pertanyaan orang lain yang sama dengan anda, dapat juga terjawab dengan informasi yang saya miliki dan maafkan saya kalau saya tidak dapat menjawab dikarenakan saya tidak tahu hehe. Jika kalian ada di NZ, silahkan mampir ke kota Blenheim dan bisa ketemuan hehe. Kiranya  sharing ini dapat memberkati teman-teman yang berencana untuk tinggal di New Zealand.

Entah kenapa tiba-tiba terbesit dalam pikiran saya, banyak orang yang meninggalkan komentar dan email pribadinya, saya berharap saudara-saudari tidak mendapat email palsu dari seseorang yang mengatasnamakan saya dan meminta uang atau apapun itu. Saya tidak akan pernah meminta uang ataupun sesuatu lainnya. Kalau ada hal-hal yang janggal, tolong jangan ditanggapin emailnya ya, dan kontak saya lewat kolom komentar. GBU all.

NB: Saya akan berusaha membantu untuk membalas email saudara-saudari, tetapi saya sarankan untuk buka website imigrasi NZ (Klik disini) dan search sendiri dahulu yah. Nah satu tips lagi, coba di google aja pertanyaannya, terkadang mbah google sangat membantu karena saya pun terkadang memakai jasanya. Kalau yang mau tanya agent, jujur saja saya agent saya itu Tuhan, jadi langsung doa aja ama Dia yah, Dia Maha Kuasa. GBU all

298 comments:

«Oldest   ‹Older   201 – 298 of 298   Newer›   Newest»
Unknown said...

Selamat pagi Bapak Hendri, saya sangat berminat untuk bekerja di NZ, saya sudah membuka semua link yang Bapak Hendri berikan, dan sudah mempelajari sedikit tentang NZ di web newzealand.com, namun masih ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan mungkin agak sedikit personal, apa boleh jika bapak mengirimkan saya E-mail? di alamat gwennwilson13@gmail.com Terimakasih...

Unknown said...

Hai bang hendri..sy mau coba pake visa apec apakah Bsa bwt dftr?.Tolong bantu saya untuk dapat lowongan kerja restoran di nz?. sy pengen membahagiakan istri dan anak..krn skrg orang tua saya sudah meninggal.

Unknown said...

Hai bang hendri..sy mau coba pake visa apec apakah Bsa bwt dftr?.Tolong bantu saya untuk dapat lowongan kerja restoran di nz?. sy pengen membahagiakan istri dan anak..krn skrg orang tua saya sudah meninggal.

Unknown said...



Selamat pagi Bapak Hendri, saya sangat berminat untuk bekerja di NZ, saya sudah membuka semua link yang Bapak Hendri berikan, dan sudah mempelajari sedikit tentang NZ di web newzealand.com, namun masih ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan mungkin agak sedikit personal, apa boleh jika bapak mengirimkan saya E-mail? di alamat gwennwilson13@gmail.com Terimakasih...

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Malam pak hendri,sy sian ling,rcna anak mw sklh di invercargill, cm sy sangat kuatir krn cuaca dsana dingin sedangkan anak sy tidak kuat dengan cuaca dingin,bs minta advice utk atasi maslh ini, krn awal2 pst blm bs adaptasi ,thx email sy joesianling@gmail.com

Unknown said...

Malam pak hendri,sy sian ling,rcna anak mw sklh di invercargill, cm sy sangat kuatir krn cuaca dsana dingin sedangkan anak sy tidak kuat dengan cuaca dingin,bs minta advice utk atasi maslh ini, krn awal2 pst blm bs adaptasi ,thx email sy joesianling@gmail.com

Unknown said...

Shallom Pak HEndri.. Saya tertarik bekerja di NZ, ada beberapa hal yang jika diperbolehkan share dengan Bp. mohon dapat mengirimkan email ke mike_kristina@ymail.com

Hendri said...

@Nicholas Drake

Hi Nicholas, Puji Tuhan yah. Memang semua yang baik itu berasal dari Tuhan. Silahkan tinggalkan emailnya dan saya akan balas. GBu

Hendri said...

@Astrid Febriana

Hi, Visa apec itu apa yah? saya kurang tahu tentang hal tersebut

Unknown said...

Nicholas.drake@live.com

Makasih pak Hendri.. saya tunggu info nya.

Unknown said...

Nicholas.drake@live.com

Makasih pak Hendri.. saya tunggu info nya.

Unknown said...

Halo pak Hendri

Salam kenal, Saya Yogi

Boleh saya tahu Facebook bapak. Atau bisa add Facebook saya (Yogi Aprillia Mahendra) saya sangat tertarik bekerja di New Zealand. Terima kasih :)

Peter said...

Shalom pak hendri. Perkenalkan nama saya peter usia saya 30 thn. Istri saya tertarik sekali untuk bekerja dan kalau memungkinkan jadi PR di NZ.Tapi kami terkendala anak kami yang masih berusia 6 tahun. Apa memungkinkan untuk saya dan keluarga pindah dan bekerja di sana dengan umur saya yang sudah 30 tahun. Oh iya ada kendala bahasa inggris saya juga pas2an hehe apalagi istri. Tapi saya sanggup bekerja apa saja walaupun cuma jd ob di sana apakah memungkinkan pak kira2? Email saya cris_p7ronaldo@yahoo.com pak kalau tidak keberatan. Jbu ^^

Kasmi said...

Hallo Pak Hendri..
Sy dg Ibu Kasmi. Rencana 4 th lagi di th 2020 saya dan suami ingin mencoba utk tinggal di nz dlm kurun 2th. Keinginan kami utk stay di nz 2th adlh utk mewujudkn salah satu mimpi kami yg blm terwujud yaitu tinggal di LN.

Kami sdh memiliki usaha di sorong papua yg sdh settle dan usaha kami di indo ini yg akan menopang kehid kami selama di nz selain dri kerja kami di nz nanti.

Apa yg hrs kami siapkan utk stay 2th di nz? Kami akan membawa 4 anak kami. Di th 2020 anak ke-1 kls 2 sma, ke-2 kls 1 sma, ke-3 kls 6 sd dan ke-4 kls 5 sd.

Mohon info dan sarannya Pak Hendri. Visa apa yg hrs kami apply?

Terima kasih n GB.

Unknown said...

Maaf..
Jika berkenan utk mengirim email. Email saya kasmiedy73@gmail.com atau bisa add fb sy Pak.. Kasmi Edy

Unknown said...

Maaf..
Jika berkenan utk mengirim email. Email saya kasmiedy73@gmail.com atau bisa add fb sy Pak.. Kasmi Edy

blogger said...

Hallom ko Hendri,,


perkenalkan saya madi, saya sangat terberkati dengan sharing dan cerita yang ko sudah buat di blog ini, saya ingin bertanya yang sedikit privasi ke ko hendri boleh saya berbincang sedikit melalui email? boleh saya minta email ko hendri?

email saya rhahmadi3@gmail.com

sebelumnya saya mengucapkan terima kasih, Tuhan Yesus memberkati

Ody-Genious said...

Hi bang hendri

Saya berminat buka usaha di nz tepatnya restoran. Bisa sesi tanya jawab via email saja bang. Di dj_kyo2003@yahoo.com

Ody-Genious said...

Hi bang hendri

Saya berminat buka restoran di nz. Kira2 bisa sesi QnA via email dj_kyo2003@yahoo.com

Unknown said...

Hi Ko Hendri, salam kenal. Terima kasih sudah membuat blog untuk mendapatkan info ttg nz. Ya cuma saya ng dapat bacaan dari balasan pertanyaan Ibu Margaret post 1 mei 2016. Karena pengalaman saya hampir mirip dengan beliau.
Saya lulusan diploma hospitality. Setelah lulus, pekerjaan pertama saya mulai dari front desk hingga terakhir saya berhenti dari dunia perhotelan diposisi sales manager dibanquet. Saat saya masih dihotel, saya sempat putuskan pindah kerja keluar negri, namum saya tidak mendapatkan agen yang bisa membantu saya berangkat dikarenakan saya tidak banyak dapat informasi cara bekerja diluar negri. Saat itu tujuan saya ke amerika, australia dan new zealand. Karena belum berhasil akhirnya saya pindah kebali dan masuk dunia property.
Namun saat ini kondisi property indonesia sedang mengalami keterpurukan dan membuat saya benar2 harus mengali apa yang bisa saya kerjakan.
Bulan april kemarin saya mencoba untuk melanjutkan pendidikan saya di melbourne, dengan hanya modal untuk bayar uang pada semester 1. Dan meminta bantuan dari tante saya sebagai sponsor keuangan untuk dibuktikan ke pihak kedutaan. Lagi2 saya belum beruntung, visa student saya ditolak.

Yang ingin saya tanyakan:
1. Dengan background saya diperhotelan sudah mencapai posisi management apakah bisa bekerja kembali keposisi yang lebih rendah seperti waitress atau cook helper atau bahkan diperkebunan? Apakah pihak kedutaan akan curiga? Karena jika apply kerja sebagai manager rasanya tidak memungkinkam, pasti mereka lebih mengutamakan ke org lokal.
2. Saat ini usia saya 35 tahun dan suami saya 40 tahun. Kami memiliki anak umur 14 bulan, apakah akan menjadi kendala untuk umur kami?

3. Sempat saya baca, saran bapak untuk mengurus visa sendiri, maksudnya visa turis atau visa kerja pak?

Mohon bisa balas ke email saya di fi2s@yahoo.com.


Terima kasih Pak, God bless you and your family.

Unknown said...

Hi Ko Hendri, salam kenal. Terima kasih sudah membuat blog untuk mendapatkan info ttg nz. Ya cuma saya ng dapat bacaan dari balasan pertanyaan Ibu Margaret post 1 mei 2016. Karena pengalaman saya hampir mirip dengan beliau.
Saya lulusan diploma hospitality. Setelah lulus, pekerjaan pertama saya mulai dari front desk hingga terakhir saya berhenti dari dunia perhotelan diposisi sales manager dibanquet. Saat saya masih dihotel, saya sempat putuskan pindah kerja keluar negri, namum saya tidak mendapatkan agen yang bisa membantu saya berangkat dikarenakan saya tidak banyak dapat informasi cara bekerja diluar negri. Saat itu tujuan saya ke amerika, australia dan new zealand. Karena belum berhasil akhirnya saya pindah kebali dan masuk dunia property.
Namun saat ini kondisi property indonesia sedang mengalami keterpurukan dan membuat saya benar2 harus mengali apa yang bisa saya kerjakan.
Bulan april kemarin saya mencoba untuk melanjutkan pendidikan saya di melbourne, dengan hanya modal untuk bayar uang pada semester 1. Dan meminta bantuan dari tante saya sebagai sponsor keuangan untuk dibuktikan ke pihak kedutaan. Lagi2 saya belum beruntung, visa student saya ditolak.

Yang ingin saya tanyakan:
1. Dengan background saya diperhotelan sudah mencapai posisi management apakah bisa bekerja kembali keposisi yang lebih rendah seperti waitress atau cook helper atau bahkan diperkebunan? Apakah pihak kedutaan akan curiga? Karena jika apply kerja sebagai manager rasanya tidak memungkinkam, pasti mereka lebih mengutamakan ke org lokal.
2. Saat ini usia saya 35 tahun dan suami saya 40 tahun. Kami memiliki anak umur 14 bulan, apakah akan menjadi kendala untuk umur kami?

3. Sempat saya baca, saran bapak untuk mengurus visa sendiri, maksudnya visa turis atau visa kerja pak?

Mohon bisa balas ke email saya di fi2s@yahoo.com.


Terima kasih Pak, God bless you and your family.

Unknown said...

Shalom ko hendri, nama saya jio. Saya ada rencana mau apply visa student diploma cookery 2 thn dan setelah lulus saya berniat apply PR. Saya berencana berangkat bersama istri saya. Saya bingung apakah di sana bs kerja lbh dari 20 jam per minggu ? Krna bnyk teman saya di sydney kerja lbh dr 20 jam per minggu dgn sistem cash in hand, pdhl secara peraturan student di sana jg hanya boleh 20 jam per minggu. saya berangkat dengan modal pas-pasan.apakah bisa dgn modal kerja part time membiayai living cost dan uang kuliah yg sekitar 6000 nzd per semester?

Kalo tidak keberatan, mohon dibls ke email saya, hedy.sujiono@gmail.com

Jbu

Gardu's Globe said...

Hi ko hendri. Salam kenal nama saya sigit cahyono, usia 37 thn.
Saya berniat n berminat kerja di nz. Saya ingin kerja di nz dgn tujuan memperbaiki ekonomi keluarga (istri n 2 anak saya) supaya lbh baik ke dpnnya.
Sudinya ko hendri bisa membwrikan pen erahan bagaimna caranya bisa kerja d nz?. Rencana ingin kerja sbg picking fruit d nz. Mohon pencerahannya ko hendri...
Email saya: gardunet@gmail.com

jualankainbatikmadura said...

Hi Pak Hendri. Perkenalkan saya Icha. Saya tertarik untuk working-holiday di NZ. JAdi, saya bias memanfaatkan waktu berlibur saya sekaligus juga untuk bekerja di NZ. Rencana saya hanya sekitar 6 bulan. Tetapi visa working-holiday untuk paspor Indonesia blum berlaku di NZ. Apakah ada cara lain bagi saya pak untuk bias berlibur dan bekerja di NZ? Mohon informasinya pak. Email saya jualankainbatikmadura@gmail.com

Mohon tanggapannya ya pak....

cwin said...

Hi ko hendri, ini email saya yah piconetbook@hotmail.co.id, sy punya plan akan mengunjungi nz, sy minta emailnya yah, thx

cwin said...

Hi ko hendrik, ini email sy yah, piconetbook@hotmail.co.id, sy ada rencana main ke nz, siapa tau sy bisa sekalian mampir, contact2 via email yah, thx

Hendri said...

Thanks yah all untuk commentnya, sorry kalau saya gak balas, karena akhir2 ini sangat sibuk sekali, apalagi sekarang sudah mau masuk musim panas. Bakal tambah sibuk lagi. Saya cuma mau encourage untuk semuanya, pengetahuan saya terbatas, saya tahu sedikit tentang bikin visa melalui website nya imigrasi NZ. Satu hal yang saya tahu Tuhan Yesus tahu semuanya dan tahu cara apa yang paling cocok untuk anda kalau memang anda tempatnya di NZ. Saya encourage anda untuk langsung tanya sama Tuhan, dan saya yakin Dia akan jawab anda, karena Dia itu care sama kita dan Dia mau hubungan dengan setiap dari kita. GBU all

Unknown said...

mohon infonya pak hendri..
email saya phillips.warna@gmail.com

shalom

Unknown said...

saya butuh info banget pak hendri ttg NZ.. hehe

Unknown said...

shalom pak hendri...
saya agak bingung nih memulainya... saya ingin bermigrasi ke NZ untuk bekerja sbg civil engineer (kalau memungkinkan).. jadi langkah pertamanya apakah hrs melamar sampai mendapat kerja dulu atau melamar visa kerja nya dulu..? tengkyu GBU....

Unknown said...

Hi, bang Hendry sy Beny kebetulan saya mempunyai skill di perikanan laut untuk datang ke NZ langkah2 nya apa ja ya agar bisa kerja disana, bolehkah bang Hendry Add fb saya jayamahe42@gmail.com ato nama fb ku Benz Marcopollo. Thanks bang hendry

Unknown said...

Hi, bang Hendry sy Beny kebetulan saya mempunyai skill di perikanan laut untuk datang ke NZ langkah2 nya apa ja ya agar bisa kerja disana, bolehkah bang Hendry Add fb saya jayamahe42@gmail.com ato nama fb ku Benz Marcopollo. Thanks bang hendry

Anonymous said...

Hi ko Hendri,

Nama saya Jimmy, beberapa bulan ke depan saya akan berangkat ke New Zealand untuk melanjutkan studi saya di salah satu college di Auckland (~2 Tahun), tapi saya agak ragu mengenai apakah saya bisa bekerja disana, jadi pertanyaan saya adalah, apakah gaji yang di peroleh (20 jam/week) dapat memenuhi biaya hidup saya (makan, minum, tempat tinggal) ? dan mengenai bekerja 20 jam, apa boleh saya bekerja lebih dari itu sebagai penghasilan tambahan? seperti contoh, bekerja di toko2 orang (non formal) ??

Unknown said...

Mbak bisa bantu saya untuk bekerja di bidang perkebunan ato diperikanan di NZ email sya jayamahe42@gmail.com terimakasih mba

Hendri said...

Hi Samuel sentosa

Shalom. Bisa pakai 2 2nya pak. Kalau dapat kerja, itu lebih baik lagi. Tapi kalau mau melamar visa kerja jg bisa lewat EOI trus baru cari kerja diNZ. Gbu

Hendri said...

Hi Ben. ..

Untuk perikanan di NZ saya kurang infonya. Tapi coba km Google Talley atau Sealord itu 2 company yang bergerak di bidang perikanan. Coba contact mereka. Tuhan memberkati.

Hendri said...

Hi Jimmy

Puji Tuhan km dapat sekolah di NZ. Saya doain agar semua nya berjalan lancar ya.

Kerja disini ya. Pertama mesti berjuang kerja untuk dapatin pekerjaan. Kedua kalau sudah dapat, pak Jimmy hitung sendiri ya,untuk upah minimum itu $15.25 per jam dikalikan 20 jam =$... trus potong pajak sekitar 9% untuk gaji segitu.

Setau saya auckland tempat tinggalnya mahal sekitar $150/week bahkan bisa lebih untuk 1 kamar. Makan n transport yah depends sama orgnya . Anggap hemat sekitar $120 (ini hemat ).pengeluaran sudah $270 per minggu.

Di visa tertulis hanya boleh kerja 20jam/minggu. Jadi balik ke hati nurani anda. Saya sarankan sih jangan, kalau kerja under table itu suka kena tipu sama orangnya. Karena tidak ada hitam dan putih. Dan itu sudah melanggar peraturan jg.

Gbu

Hendri said...

Hi Philips

Butuh info apa, komentar aja disini, nanti saya coba jawab,jadi nanti kalau ada org yang sama pertanyaannya bisa sama2 mengerti. Gbu

Unknown said...

Shallom pa Hendry saya tertarik untuk kerja disana untuk sementara adakah gereja/komunitas indonesia yang menerima saya sebagai volinteer sampai saya mendapatkan pekerjaan. Gbu

Unknown said...

Hendri, informatif sekali. saya ingin tahu lebih banyal. Saya & klg memang ada kemauan hidup di NZ. Apakah saya bisa dapat kontak Hendri or at least FB or email.thanks alot

Hendri said...

Shalom Adrian

Saya pernah dengar memang bisa pakai visa religious. Cuma saya gak tahu gereja mana yang menawarkan Hal ini yah. Gbu

Unknown said...

Halo Ko Hendri,

Aku Erika, aku ada plan untuk migrasi ke NZ nih.

Dulu saya besar di Sydney tapi hanya semasa SD saja, apakah ijazah kelulusan saya bisa dipakai untuk persyaratan bahasa disana atau harus tetap submit IELTS?

Ko Hendri kan bilang lulusan Binus dengan ijazah S1, waktu itu mencari kerjanya gimana ya Ko? apakah Ijazahnya termasuk skill yg dibutuhkan NZ? soalnya ijazah aku basic ekonomi doang ni Ko huhuuu

Boleh email aku ke erika.deka@gmail.com ya Ko

GBU and your family :)

Fitri Afifah said...

Mba anastasia boleh minta emailnya? Ini email sy fitri_afifah@yahoo.com

Fitri Afifah said...

Hallo ko hendri.. maaf mau tanya suami sy rencana mau ke auckland ambil sekolah yg grade 7 (12bln) tp ktnya gak bisa bawa anak istri ya ko.. bisa minta masukan gak gmn sebaiknya.. mohon di balas ya ini email sy fitri_afifah@yahoo.com atau FB Fitri Afifah Azhari.. thankyou.. GBU

Anonymous said...

Hi mas Hendri.
Salam kenal. Namaku Di. Aku pingin pindah ke Nz. Anakku WN sana. Apakah aku bisa bekerja disana dengan umur aku yg sdh 48. Aku ingin sekali dekat dengan anakku.
terimakasih
Sabbe Satta Bhavantu Sukhittata
mohon dibalas via email dijapan68@yahoo.com

Unknown said...

Hi pak hendri,,
Saya mau brtnya tntg NZ,,tlong email sya..
Lhieaochtaviea@gmail.com
Trimksh

Devina said...

Shallom ko Hendri,

Saya Devina dan ingin bertanya mengenai kerja di NZ. Boleh email ke devinadwiki@gmail.com? Terimakasih

arysaleh said...

Hallo bos hendry...
Knal kan nama saya dedi arifin,umur 36 thn.saya punya ijazah ielts skor 4,5 saya mengikuti test ielts 2012...masih bisakah apply working visa...untuk working visa apakah kits butuh sponsor dulu di nz atau tidak....terima kasih

arysaleh said...

Hallo bos hendry...
Knal kan nama saya dedi arifin,umur 36 thn.saya punya ijazah ielts skor 4,5 saya mengikuti test ielts 2012...masih bisakah apply working visa...untuk working visa apakah kits butuh sponsor dulu di nz atau tidak....terima kasih

arysaleh said...

Mba bisa minta alamat emailnya

Anonymous said...

Halo ko hendri
Saya daniel nih mau tanya2 tentang NZ. saya sudah lulus S1 IT di jakarta.

Saya mau coba ke NZ nih kalo langsung kerja kira2 diterima gk ya? apa harus S2 dulu lulusan NZ baru diterima?

kalo ada waktu boleh ngobrol2 lewat fb kontak saya ya ko. trinity1992@ymail.com

terima kasih ko. Tuhan Yesus berkati

Cel said...

Hi Pak Hendri,

I appreciate your kind thoughts for sharing this blog. I am a foreign citizen, working in Jakarta. I want to help my Indonesian friend who really wanna work in New Zealand but his qualification is only until SMK. If you won't mind, kindly please email me at amanekaoru30@gmail.com

Thank you & God bless you always.

Regards,
Cel

Unknown said...

Dear ko Hendri...

Perkenalkan saya Tessy Pipiet, seorang single parent dari 2 orang anak. 2 tahun lalu saya divorce dan membawa 2 anak sy yg merupakan harta paling berharga😇

Saat ini saya bekerja di sebuah perusahaan semikonduktor di Batam. Pengalaman saya 10 tahun di HRD bagian people development.

Sekarang saya ingin sekali migrasi ke NZ untuk mengubah nasib menjadi jauh lebih baik dari sekarang, juga saya ingin anak-anak mendapatkan pendidikan yg bagus... maklum ko, ini angan-angan janda yg membiayai hidup dan sekolah anak2nya sendirian😊

Pertanyaan saya, apakah peluang kerja utk org Indonesia seusia saya (39 tahun) msh terbuka lebar? Bidang Pekerjaan apa disana yang masih banyak membutuhkan karyawan? Saya bersedia memulai dari, syukur2 saya bisa bekerja sesuai dengan pengalaman kerja saya...

Ko Hendri, terima kasih banyak sebelumnya...

Best regards,
Tessy
Email: tessy_pipiet@yahoo.co.id

Anonymous said...

Salam kenal bang hendri

Saya dwi santoso, saya pengen sekali kerja di NZ, kira2 visa yang mudah visa kerja atau visa touris ya ? Terus syarat kalau visa tourist itu katanya harus ada ticket pulang pergi dan invoice tempat kita tinggal selama disana, benarkah begitu bang ?
Terima kasih bang

Email sy bang
Dwisantoso457@gmail.com

FB
Dewa_gitaris@yahoo.com

Unknown said...

salam kenal pak hendri; syalom sy maman johanes mo tanya ; ada info dri internet bahwa di newzealand menerima warga negra asing untuk pindah ke wilayah waitati dapat tanah dan biaya gratus untuk hidup. karena warganya disana sedikit. apakah benar. dan kalo benar apa syaratnya

Unknown said...

Hi ko hendry nama saya sherly. Mao sharing sedikit boleh ko.. Boleh wa ke ak di 02108724181..ato email saya di sherlyiskandar1309@gmail.com saya mao coba keberuntungan kaya ko hendry. Saya skr di wellington berencana mao ke blenheim hari kamis ini. Mao minta saran sama koko.. Tolong di reply yah ko.. Terima kasih bnyak. GBU..

Unknown said...

Hi ko Hendry boleh saya tau emailnya.. Saya saat ini di wellinton mao pindah ke blenheim.. Saya mao cari kerja kebun.. Kira2 mao sharing sama ko Hendry.. Email saya sherlyiskandar1309@gmail.com

Saya tunggi balasannya.. Terima kasih GBU ko..

Unknown said...

Hi ko hendry.. Bsok saya akan ke bleinhrim dr wellington naek ferry.. Kira2 bisa ketemu ko hendry ga? Mao konsultasi siapa tau koko ada kerjaan buat saya dan suami.. Saya tgu khabarnya ko.. Di email saya sherlyiskandar1309@gmail.com ato di phone saya 021 0872 4181...tolong bantu kita ko kalo memang ada kenalan yg bisa kasih kita kerjaan. Terima kasih bnyak ko hendry saya tgu khabarnya... GBU

Unknown said...

Shallom Hendri,
Saya mery, ingin bertanya rencana saya ingin k NZ bersama suami, tp bisakah saya dan suami k sana dengan visa student sedangkan yg hanya akan sekolah itu saya sedangkan suami tidak bersekolah, blh minta contact hendri d email saya mery.meilita28@gmail.com, Tuhan memberkati.

Anastasya said...

Shaloom Ka Hendri.
saya tinggal di new zealand tapi masih menggunakan visa visitor dan pengen rubah jadi visa kerja dan tinggal.sebenernya saya juga mau kuliah tapi mungkin tahun depan.saya mau merubah visa itu apa ribet apa nggak ya ka?GBU

Unknown said...

hallo...hendri salam kenal saya thomas , saya mau tanya bisa tidak saya minta tolong kenal dengan orang baik yang bisa bantu jemput dan carikan kerja di NZ ini Cell/W.A/LINE ku : +6281546877586
or email : sgajasa1@gmail.com terimakasih GBU

Unknown said...

Siang ko Hendri, sya mau tanya. kalau hanya lulusan level SMA ada ga peluang untuk kerja disana? sebelumnya saya pernah kuliah tapi tidak selesai. terima kasih ko hendri :)

Unknown said...

Halo Pak Hendri, saya Matt Adidarma... Kami bertiga dengan istri dan anak ingin ber migrasi ke NZ, apalagi membaca tulisan Pak Hendri. Ada beberapa alasan dan cerita yg ingin saya sampaikan mengenai keinginan pindah kami, bila berkenan mohon balas ke email saya di: m_adidarma@yahoo.com, semoga Pak Hendri bisa memberikan pencerahan pd kami.
Terima Kasih... GBU

Unknown said...

Salam kenal bang hendri.saya antika.sy mau tanya.suami sy sekarang sudah di NZ dan rencana nya saya Akan menyusul dia ke NZ.sy sekarang lagi menunggu document yg Akan di kirim dari suami saya.dan sy mau tanya kan berkas apa aja yg harus sy siap kan untuk pengajuan ke NZ imigrasi.terimakasih.
INI email saya antikasari687@gmail.com

Hendri said...

Hi all

Saya akan coba balas komentar saudara-saudari satu persatu yah, cuma karena kesibukan mungkin balasnya agak lama. Harap maklum, untuk keterangan visa dan dokumen silahkan langsung ke website imigrasi www.immigrations.govt.nz GBU all

Unknown said...

kalau pake visa apec apa bisa masuk nz pak

Unknown said...

kalau pake visa apec apa bisa masuk nz pak

Unknown said...

Alo ko hendri maap sy mau nanya soal beli bisnis di new zealand bisa bantu info dikit ga ? Plss email sy kalu sempet. Makasih banyak sebelumnya. Josecanada2003@hotmail.com

Unknown said...

Alo ko hendri maap sy mau nanya soal beli bisnis di new zealand bisa bantu info dikit ga ? Plss email sy kalu sempet. Makasih banyak sebelumnya. Josecanada2003@hotmail.com

TidarAC said...

Shalom ...Pak Hendri,
Sudah sekian minggu minggu ini sy bolak balik cari cari artikel mengenai pekerjaan di Ausi atau NZ, yg memng dr sekian kiat sukses mereka2 kbnyakan ngurus sendiri kelengkapan dokumentasi nya drpd melalui Agen kerja yg mematok biaya sangat mahal utk dpt bekerja di NZ atau Ausi. Sebenarnya sy sangat serius mau berangkat utk mencoba ssuatu pekerjaan di perkebunan yg berdasarkan hasil browsing2 trnyata sangat menjanjikan.
Kalo mmng visa holiday dan ganti ke visa kerja bisa d jadikan solusi ssuai artikel pak Hendry..mungkin sy mulai yakin dan mulai kumpulkan modal buat pngurusan prjalan ke sana.
Kalo mmng suatu ketika nanti sy jadi brgkat k sana bisakah bantu cari2 kan agen2 kerja atau sekedar tumpagan sementara utk menginap sambil sy mencoba nencari2 pekerjaan di sana ??

david said...

Hallo Hendri,


sy david, tinggal dan bekerja di jakarta umur 50an saat ini ,

jika berkenan saya ingin menanyakan beberapa hal sehubungan dengan rencana saya & keluarga pindah/imigrasi dan pensiun di nz :

1/. apakah diperbolehkan foreigner (sy) membeli rumah (second) di nz ? apa status kepemilikan nya ? hak milik ? HGB ?

2/. apakah ada kemungkinan bagi saya untuk memperoleh status permanent resident ? lewat cara apa saja ?

3/. kalau saya beli rumah (second) disana, apakah ada kewajiban tertentu (sbg foreigner)?, misal rumah harus ditempati/tidak boleh kosong dst

4/. biaya apa saja yg harus sy bayarkan untuk kepemilikan rumah ? mis, PBB, iuran lingkungan dst.

demikian pertanyaan saya,
kiranya pak Hendri dpt berikan pencerahan nya..

terima kasih

shalom,
david



Unknown said...

hello Hendri boleh minta kontak nya ga?
saya mau tanya lebih rinci
kyk id line , facebook..

Hendri said...

@TIdar AC

Iya bro, skr sudah tidak bisa lagi karena semuanya sudah diganti dengan RSE yang harus lewat agent di Indonesia

Hendri said...

Shalom Pak David

Saya coba menjawab pertanyaan bapak dengan sepengetahuan saya,

1. Setahu saya foreigner bisa beli rumah disini, second ataupun new tapi bank diNZ tidak mau kasih pinjaman jadi belinya mesti cash. Hak milik

2. Ada pak, lewat skilled migrant atau business atau refuge, mungkin option ke 3 agak mustahil, kecuali kalau ada sesuatu yang terjadi di negara kita.

3 dan 4 Kewajibannya bayar Rates ini sama kayak pajak bumi bangunan dan juga listrik dan air. DItempati atau tidak itu tidak masalah, yang penting selalu bayar iuran PBB nya dan yang lain2

Semoga jawaban saya dapat membantu Pak David

GBU

depo kuliner said...

Salam kenal Pak Hendri. Saya dan keluarga berencana untuk berangkat bersama untuk melanjutkan pendidikan dan bekerja. Untuk surat2 sudah beberapa kita beresin cuman ada beberapa masalah teknis yang saya ingin tanyakan. Jika berkenan bisa bantu untuk email saya pak? V3j33@yahoo.com. terima kasih sebelumnya...JBU (Lia)

Unknown said...

Salam kenal pak Hendri,
Saya Mahasiswa di Jakarta ingin bekerja di NZ , jurusan ekonomi, untuk mendapatkan kerja di sana bagaimana ya pak? harus dari indonesia atau lebih baik apply di sana, kalau misalnya saya mau apply disana bagaimana juga caranya ya pak ? dengan inggris saya yang tergolong sangat minim, apabila berkenan bisa tolong info ke email saya di arden2108@gmail.com

terima kasih pak...

Unknown said...

shalom bro hendri, bole email saya ke ditzzz87@yahoo.com saya ingin bertanya lebih lanjut mengenai bekerja di NZ. saya membutuhkan panduan untuk bekerja di sana dan menentukan lagkah hidup ke depannya. terimkasih sebelumnya, di tunggu emailnya.

wempi said...

hi hendri, bth berapa modal yah untuk bisa berangkat ke NZ dan bekerja disana? mudahkah mendapatkan visa disini untuk bekerja disana tanpa sponsor?
temen2 yg mau apply saya boleh gabung untuk verifikasi visa diindony, 087887272535. (putra)

thanks gbu

Hendri said...

Hi Putra

Untuk berangkat ke NZ yah, duit tiket pesawat plus biaya tinggal sebesar $1000/bulan. Nah kalau dapat visa kerja tanpa sponsor kayaknya itu mustahil ya kecuali kalau apply lewat SMC. Gbu

Hendri said...

Halo Arden

Kalau boleh saya sarankan untuk anda agar bahasa inggris anda sampai di level dimana bisa berkomunikasi dengan baik sama Org bule. Untuk apply disini ada chance nya lebih besar tetapi tidak gampang ya. Gbu

kelincitanjungpinang said...

Syalom,
Salam kenal Ko Hendri, saya Heru.
Saya tertarik untuk Urusan bisnis di New Zealand.
Kalo ada waktu, minta tolong chat ke email saya di maheruhendrawan@gmail.com
Kiranya kebaikan hati Ko Hendri dalam hal sharing mendapat berkat lebih lagi dari Tuhan Yesus Kristus.
Amen

kelincitanjungpinang said...

Syalom Ko Hendri.
Salam kenal, saya Heru
Trm ksh atas segala kebaikan hati Ko Hendri dlm berbagi informasi & dengan rela hati menjawab setiap curiousity kawan2 bloger.
Saya rindu ngobrol dgn Ko Hendri.
Kalo ada waktu, mohon chat saya di maheruhendrawan@gmail.com
Tk ya Ko Hendri
God Bless

Unknown said...

Malam ko Hendri.sy mariana,mau nanya,ada batas umur utk diterima kerja di farm sebagai pemetik buah?soalnya umur sy uda 47th.sy cuma tamatan SMA.dan kalo ko Hendri uda punya nama Agent di indo yg bs membantu mencarikan kerja dan membantu apply visa kerja di NZ boleh beritahu sy?sy uda punya visa Amrik yg baru di apply dan berlaku 5th kedepan,dan uda punya visa jerman beberapa x.berhubung skrg kondisi bisnis suami lg ada masalah.jd sy bermaksud mencari kerja utk membantu keuangan keluarga.mohon bantupaN info nya ko.tq a lot

Anonymous said...

Ko hendri bisa tolong email nomor telepon bos di perkebunan gk?email huangvina13@gmail.com thanks before

Anonymous said...

Tlg email sy ko huangvina13@gmail.com

Hendri said...

Hi Mariana Sulayman

Kalau lihat kondisi ibu, saya sarankan lebih baik cari kerja di Amrik, soalnya ibu sudah dapat visa disana. Di NZ sangat ketat untuk dapat visa kerja.

GBU

Hendri said...

Hi Anonymous

Sekarang untuk pekerjaan di kebun sudah berbeda dengan jaman saya dahulu, visa requirementnya berbeda semua. Bos di kebun juga tidak bisa bantu lagi.

GBU

Unknown said...

Syallom..
Saat ini usia saya menjelang 41thn. Sudah berkeluarga dg 3 putra, paling besar kelas 3 smp, 1 smp dan 1 sd. Untuk penopang ekonomi di rumah, istri saya berjualan kelontongan di Pasar tradisional di kecamatan Tanjung Brebes.
setelah membaca tulisan anda, saya tertarik utk mencari rejeki di NZ sebagai Sopir Truck. saat ini SIM saya B1 Umum. Saya belum ada pengalaman kerja di luar negeri, dan juga tidak tahu urut2an apa saya yg harus saya lalui untuk dapat SIM internasional dan apakah masih layak utk mencari kerja di NZ dg usia saya yg sekarang ini.
Mohon di bantu Info dan apa2 saja yg harus saya siapkan dan apa2 saja yg harus saya kerjakan.
sebagai info tambahan, badan saya ber tatto.
Terima kasih utk meluangkan waktu utk membaca tulisan saya ini, dan terima kasih utk tulisan anda yg menambah wawasan saya...
Syallom.

Hendri said...

Shalom Pak

Bisa saja, asal ada sim NZ untuk trucks dan bisa dapat job offer dari NZ. Masalah Tato disini gk ada masalahnya ya. Umur jg kayak gk. Yg penting bisa bahasa Inggris, mengerti road code di NZ dan ada sim nya. Terus dapat job offer. Yang susahnya itu dapat job offer nya itu. .

Gbu

Unknown said...

syaloom ko hendri..

saya ingin tanya adakah komunitas yahudi di sana..saya tertarik untuk kerjasama pasarin kemenyan (benzoin styrax) ke acara agama ataupun perusahan obat. sapatau ada peluang y bisa kita jajaki.moga ko hendri mau merespon di inbox fb saya dan moga ga langsung skeptis baca tulisan ini.

saya sangat berharap punya rekan y bisa pasarin kekayaan indonesia (kemenyan). saya menunggu respon ko hendri. terimakasih.Gbz

Unknown said...

P hendri.saya herry.saya sdh daftar di pt di daerah jakarta.tujuan saya jadi tki ke nz.kata orang pt di tempatkan di pabrik pengepakan udang.sampai saat ini msh berjalan 2 bulan.iki katanya masih nunggu aplikasi ttd pengajuan visa.yg sy tanyakan benak nggak di nz ada pabrik pengepakan udang.yg ke 2 benarkah nz membuka lowongan tki.trims

Hendri said...

Hallo pak Herry

Saya belum pernah dengar ada pengepakan udang di NZ ini. Mungkin ada, saya juga tidak tahu. Karena semua udang biasanya di import dari Thai. Biasanya di NZ lebih ke agriculture (buah buahan dan sayur mayur).

Ditanya aja lagi ke PT nya untuk lebih jelasnya. Semoga semuanya berjalan lancar ya pak Jerry. Gbu

Hendri said...

Hallo pak Herry

Saya belum pernah dengar ada pengepakan udang di NZ ini. Mungkin ada, saya juga tidak tahu. Karena semua udang biasanya di import dari Thai. Biasanya di NZ lebih ke agriculture (buah buahan dan sayur mayur).

Ditanya aja lagi ke PT nya untuk lebih jelasnya. Semoga semuanya berjalan lancar ya pak Jerry. Gbu

Unknown said...

Hai Hendri..

Saya menemukan blog ini..menarik banget sharingnyah..
Saya Pengen tau,sekarang Hendri Dan Istri bekerja Di bidang Apa?
Kebetulan saya lagi cari2 kerja juga Di NZ..saat ini stay di north island..Kalo Blenheim itu Di south yah?

Thanks anyway..Gbu.

Hendri said...

Sekarang saya bekerja di Subway. Iya Blenheim itu di south Ika. Semoga dapat kerjaan ya. Gbu

cathy said...

Syalom Hendri..

salam kenal saya cathy,saya ingin tanya untuk orang orang yang ingin bekerja diNZ apakah ada batasan usianya? saya sdh 44 tahun,tetapi karena sangat tertarik dengan keindahan NZ,saya ingin sekali tinggal dan bekerja disana, apakah bisa mendapat pekerjaan untuk orang seusia saya di sana?
terima kasih, atas kesabaran dan kebaikan hatimu yang sudah mau menjawab semua pertanyaan2 dr teman2..semoga Tuhan Yesus selalu memberkati Hendri dan keluarga

Unknown said...

Shalom.. Apa kabar Hendri.. Salam kenal ya.. Setelah baca artikelnya, seru ya tinggal di NZ.. Jadi pengen juga..

Kalo kerja di Bandara cari lowongannya gimana? Saya pengalaman di Airline selama kurang lebih 5tahun sebagai Flight Dispatcher di Maskapai BUMN.. Kira2 ada gak ya lowongan di NZ..

Terima kasih Hendri.. TUHAN MEMBERKATI
Regards,

Wieldy

«Oldest ‹Older   201 – 298 of 298   Newer› Newest»

Post a Comment