BannerFans.com

Beban Hidup yang Berat

Thursday, July 17, 2014

Shalom

Kali ini aku mau sharing tentang beban hidup yang berat. Siapa yang merasa hidup ini berat? Hmm kalau hidup di dunia ini pastilah berat, karena semua tuntutan di dunia ini hanyalah membuat orang menjadi stress. Lihat sekarang semua barang dan makanan sangatlah mahal yang membuat seorang ibu pun harus bekerja demi memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka. Ini baru bicara soal kebutuhan pangan, belum lagi kebutuhan yang lain mulai dari handphone, smart tv, laptop, mobil yang bikin kita selalu merasa tidak cukup karena kita selalu disodori dengan barang-barang yang sangatlah mahal. Jadi kita harus kerja, kerja dan kerja!! Kalau tidak kita tidak bisa mengikuti perkembangan jaman, jadinya tidak gaul. Itulah kuk yang diberikan dunia ini.

Aku pernah satu kali merasa seperti itu. Jujur di stage tersebut aku merasa bahwa aku cukup capable untuk melakukan semua pekerjaan orang-orang. Kesombonganku. Kemudian aku melihat orang-orang yang memakai mobil mewah dan handphone keren dan sebagainya. Iri hati aku sangatlah besar pada saat itu. Kenapa pada saat itu aku sangat iri hati dengan mereka? Aku pun tidak tahu, mungkin karena aku hanya memikirkan hal-hal duniawi, dari mulai pikiranku memikirkan pekerjaan yang bagus yang dapat gaji gede dengan bonus yang besar juga, kemudian mau memiliki mobil, rumah dan semuanya yang orang miliki.



Jadi ceritanya pada saat itu aku sedang mencari kerja yang baru,yaitu kerja kantoran yang gajinya lebih gede dari pekerjaan aku sekarang sebagai restaurant manager. Kemudian bosku pun menyemangati aku untuk mencari kerja sebagai akuntan karena aku ada degree di bidang tersebut. Mulailah aku mencari pekerjaan tersebut, walaupun aku masih belum ada experience. Dengan pedenya aku sudah melihat jenjang karir dan gaji yang didapat oleh seorang akuntan mulai dari level graduate sampai dengan yang memiliki pengalaman 3tahun ++. Okeh, gaji aku sekarang hampir mendekati 40k. Aku lihat gaji seorang akuntan yang fresh graduate kurang lebih 45k. Horey 5k lebih besar, kemudian kalau aku sudah memiliki pengalaman 3tahun, gajinya bisa akan berkisar 55k-60k. Wow 20k lebih besar dari apa yang aku dapat sekarang. Aku dulu sudah mikirnya sampai kesana. Kerjaan aja belum dapat tapi pikiranku sudah sampe ke bulan, ampe 3 tahun pengalaman, haha dan jujur aku sudah melihat sampai ke jenjang managernya yang gajinya ampe 90k-110k. Wah aku pikir 3 tahun lagi kalau aku punya extra 20k pertahun aku bisa kredit rumah, dan beli mobil yang baru pikirku. Ya, jujur siapa sih yang tidak mau punya rumah sendiri? Mobil keren, or at least mobil yang bagus dan model yang baru lah. Semua pengen kan. Namanya juga manusia, tubuh ini memang lemah.

Pada saat itu aku ingat sekali aku sudah quit pekerjaan Subway aku. Aku mau membuat posisi aku tidak nyaman biar aku lebih gencar lagi mencari pekerjaan sebagai akuntan. Disaat kita tidak ada kerjaan, kita pastinya lebih gencar lagi kan. Itulah yang ada dalam pikiranku pada saat itu. Tapi tetap berdoa agar rencana Tuhan yang jadi dalam hidup kami. Selalu berdoa, bila itu bukan jalanMu Tuhan, tutup pintunya dan jika itu jalanMu buka pintu selebar-lebarnya. Selalu menyerahkan hidup ini kepadaNya. Karena rancangan yang ada padaNya adalah rancangan damai sejahtera. Di mata dunia aku failed untuk mendapatkan pekerjaan itu, benar kan? Di mata-Nya semuanya itu berbeda. Karena itulah semua duniawi adalah permusuhan bagi Allah. Dunia tidak mengenal Aku. Karena Aku bukan berasal dari dunia. Firman Nya.

Pada saat itu aku merasa sangatlah berat bebanku ini karena pikiranku maunya instant dan langsung jadi kaya. Bisa beli ini, bisa beli itu dan semuanya deh. Duniawi sekali ya. Sampai di satu titik aku "melahirkan" semua perasaan ini, iri hati, kesombongan dan lain-lainnya. Phew keluar semuanya dari hatiku. Terima kasih Tuhan Yesus. Kalau tidak salah ingat aku melihat ayat ini dan berdoa untuk memikul kuk yang berasal dari Tuhan Yesus saja.
Mat 11:28  Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.
Mat 11:29  Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.
Mat 11:30  Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.
Tuhan Yesus pun telah berfirman bahwa kuk yang ada padanya itu ENAK dan RINGAN. Aku pribadi  suka semua hal-hal yang enak dan aku bukanlah orang yang kuat. Terima kasih Tuhan.

Mulailah aku meninggalkan semua itu, perlahan demi perlahan, satu demi satu. Kukubur semua hal-hal tersebut, dari rumah, mobil, semuanya yang keren-keren dari dunia ini. Tidak mudah untuk melakukan itu. Tapi bersama Dia semuanya tidak ada yang mustahil. Hanya Tuhan yang mampukan kita dan yang kuatkan kita. Memang masih banyak godaan, apalagi kalau sudah denger cerita si A, cerita si B dan sebagainya. Ada yang merasa hal yang sama denganku ? Pasti banyak, jadi aku banyak temen di luar sana. 

Mat 6:33  Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Setelah aku melepaskan semua hal itu dan mencari dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya dibukakan lebih lagi dan semua hal-hal dalam hidupku terasa sangat ringan sekali. Firman Tuhan iya dan amin. Jika Dia telah berfirman maka semuanya jadi. Aku pun langsung merasakan perasaan yang lega sekali dan Tuhan menambahkan semuanya kepada kami. Semuanya secara literally, dari A sampe Z, semuanya di provide sama Tuhan.

Pada saat aku mau mencari pekerjaan yang baik agar mendapat gaji yang besar, malah aku tidak mendapatkannya. Pada saat itu fokus aku kepada uang bukan kepada Tuhan, semakin kita mengejar semakin lari uang itu. Ternyata ada ayatnya di alkitab.
Ams 23:4  Jangan bersusah payah untuk menjadi kaya, tinggalkan niatmu ini.
Ams 23:5  Kalau engkau mengamat-amatinya, lenyaplah ia, karena tiba-tiba ia bersayap, lalu terbang ke angkasa seperti rajawali. 

Mungkin aku bisa menyamakan dengan hal ini, ketika kita lagi mau mencari gunting di rumah, kita benar-benar mencarinya tapi tidak ketemu-ketemu padahal biasanya ada di laci. Setelah kita lagi tidak memerlukannya tiba-tiba saja dia nongol di depan kita. Di alkitab juga ada tertulis agar tidak kuatir akan hari esok, hiduplah day by day. Tidak usah pusing memikirkan apa yang belum terjadi, serahkanlah segala kekuatiranmu itu pada Tuhan. Nah kalau dunia bilang kalian mesti punya rencana 5 tahun kedepan, sudah mesti punya ini punya itu 10 tahun ke depan mesti sudah punya ini dan itu. Besok saja kita tidak tahu apa yang terjadi, mikirnya sudah 5 ampe 10 tahun ke depan. Bener kan ini? Ini juga yang aku ikutin, tapi terlalu berat, aku tidak sanggup ikut apa kata dunia, aku ikut apa kata Firman saja. Yang ENAK dan RINGAN.

Pada saat itu aku ingat sedang asik-asiknya nonton standup komedi. Dan lagi suka-sukanya sama Mongol. Kocak banget. Kami berdua merasa ada sesuatu yang berbeda dari Mongol ini. Kayak sudah pernah liat orang ini, singkat cerita ternyata benar. Dulu sekali, lama banget kami ternyata pernah liat kesaksian jenderal gereja setan, namanya Mongol, orang yang sama ternyata, tapi sekarang mukanya agak beda, sekarang sudah keren sedikit :). Akhirnya perlahan demi perlahan Tuhan buat kami kembali mendekat kepadaNya, step by step. Aku pun membaca kesaksian dari Rebeca Brown juga pada saat itu tentang peperangan rohani. Membuat kami kembali bersemangat didalam Tuhan. Sampai Tuhan membukakan kami sesuatu yang kami anggap mutiara hidup. Kebenaran. Terima kasih Tuhan.

Mat 13:45  Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. 
Mat 13:46  Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu.

Berdoalah akan hal itu, benar-benar akan membuat hidupmu sangat ENAK dan RINGAN. Amin. Pikullah kuk yang  Kupasang dan belajarlah daripadaKU. Ini benar-benar dahsyat. Kebenaran itu telah memerdekakan kami dari semua perhambaan di dunia. Amin. Glory bagi Dia.

Sekarang aku sudah tidak memusingkan diriku dengan hal-hal tersebut (rumah, mobil, dan lain sebagainya). Kalau Tuhan berkenan maka jadilah. Satu hal yang terjadi sekarang yaitu kami benar-benar diberkatiNya. Semuanya kami tidak perlu kuatir lagi. Semalam kami ngobrol tentang orang-orang dunia. Dimana seorang sangat kuatir akan hidupnya. Padahal Tuhan sudah berfirman janganlah kuatir akan hari esok. Merencanakan ini itu dan lain sebagainya. Bekerja selagi masih bisa, tanpa henti mencari uang. Ini kan model hidup orang dunia? Ingat, sebentar lagi Dia datang dan kita akan meninggalkan dunia ini. Investasi disana, disini, dimana-mana. Asuransi jiwa, pendidikan, dan lain sebagainya. Tahukah kalian bahwa hal itu sia-sia? Dan itu adalah berlawanan dengan Firman. Asuransi misalnya adalah salah satu teknik dunia agar kita tidak mempercayakan hidup kita kepadaNya. Tuhanlah yang seharusnya menjadi Asuransi kita. Asuransi hidup karena Dia telah menjanjikan hal itu kepada kita. Hidup yang abadi. Jujur aku tidak punya asuransi sama sekali, asuransi mobil 3rd party aja tidak ada. Sampai sekali Bos aku terkejut mendengar hal itu, bagaimana kalau terjadi hal ini dan itu. Pengen sekali aku jawab saat itu Tuhan lah asuransiku. Puji Tuhan, Dia selalu melindungi kami, dan sampai sekarang tidak pernah terjadi apa-apa dan aku percaya sampai akhir pun aku tidak akan pernah terjadi apa-apa. Percayalah hanya kepadaNya.
  
Percaya kan lah semua hidupmu kepadaNya, semuanya tanpa terkecuali. Berdoalah dan berdoalah tanpa henti kepada Dia agar kebenaran itu dapat memerdekakanmu dari semua perhambaan di dunia ini. Juga pikulah kuk yang hanya berasal dari Tuhan Yesus, RINGAN dan ENAK. Jika kalian merasa BERAT dan Tidak ENAK kalian tahu itu berasal dari siapa. Semua yang anti atau berlawan dari FIRMAN/TUHAN YESUS adalah iblis.
Semoga sharing aku dapat menguatkan dan menjadi berkat bagi yang membacanya. Semua puji dan kemuliaan mari kita naikkan kepada Tuhan Yesus. 









0 comments:

Post a Comment