BannerFans.com

Ayo Beres-Beres Rumah

Saturday, December 24, 2011

Shalom,

Ini ceritanya minggu lalu. Jadi ada seorang kenalan baru yang pengen maen ke rumah kita. Cewek ini baru datang buat tinggal di NZ, dulunya dari Indo. Cewek ini udah menikah dan kayaknya waktu di Indo punya kerjaan yang bagus, jadi dianya sekarang cukup mapan, terbukti dari rumahnya. Kita pernah ke rumahnya dan rumahnya itu furniturenya bagus-bagus banget, minimalis dan modern gitu. Barangnya semua terlihat baru dan mewah. Rumahnya juga bersih banget dan rapi.



Nah sekarang giliran dia yang pengen maen ke rumah. Rumah kita sih sebenernya lumayan bagus, tapi nggak sebagus dan serapi rumahnya dia. Furniture di rumah kita sederhana banget. Jadinya pas dia bilang mau dateng kita langsung berinisiatif buat berberes-beres ria, bersihin, rapiin, bagus-bagusin semuanya, soalnya malu kalo kebanting jauh. Biasanya sih udah relatif rapi tapi ini kepengen lebih lagi. Ga cuma rumah, kita pun ganti baju jadi yang lebih rapi. Padahal biasanya kalo ada temen kita yang satunya dateng (memang yang ini udah lebih deket), kitanya santai-santai aja.

Udah gitu sambil berberes-beres ria, kita jadi mikir, alangkah duniawinya kita ini. Hanya karena seseorang yang secara dunia kaya yang mau dateng kita jadi seperti ini. Buat apa selain untuk memuaskan hasrat duniawi aja? Biar dia betah dan feel like home, biar dipuji rapi dan bersih juga? Biar gak malu?

SEHARUSNYA..

Kita berpikir jika untuk manusia aja kita sampe begini, SEHARUSNYA di dalam Tuhan kita juga begitu, bahkan lebih lagi!

Tubuh kita ini adalah bait Allah. Pada saat kita berdoa, mengundang hadirat Tuhan untuk masuk ke dalam hati kita, sudah bersihkan, rapikah hati kita? Sudahkah kita melakukan perintah dan firmanNya dengan baik atau setidaknya berusaha untuk melakukannya? Sudahkah kita hidup kudus dan menghindari hal-hal duniawi? Layakkan "rumah" kita dimasuki Tuhan dan akan betahkah Tuhan di "rumah" kita?

Jika kita hati kita, hidup kita bersih dan rapi, dan kita berjalan di jalan yang lurus sesuai dengan firmanNya, maka hidup kita baru bisa dikatakan kudus. Tuhan adalah Allah yang Kudus, akan betah stay lama-lama di hati kita.

Beralih dari soal tubuh manusia adalah bait Allah, sekarang kita beranjak ke tempat tinggal actualnya Tuhan. Kalo kita denger cerita kesaksian tentang surga, rumahnya Tuhan itu JAUH LEBIH INDAH, LEBIH RAPI, DAN LEBIH BERSIH. Bahkan ga ada kata-kata yang bisa melukiskan keindahan surga. (mupeng: Saya mau banget nih kesana.)

Seperti yang kita ketahui dari kitab Wahyu, Tuhan Yesus akan datang untuk menjemput MempelaiNya yang kudus. Jadi untuk layak diangkat dan tinggal di surga, kita mikir point pertama adalah kita harus hidup sekudus-kudusnya (dan juga deket sama Tuhan pastinya), biar apa? Biar layak diangkat. Diangkat kemana? Ke SURGA! Nah, point kedua kita adalah kita harus SADAR bahwa kita sendiri harus layak buat ditempatkan di surga. Malu dong sama Tuhan kalo kitanya masih kuyu dan kucel (secara roh). Ga sesuai sama surga apalagi sama Tuhan.

Jadi dari kejadian berberes-beres ini menyadarkan saya dan suami untuk lebih berbenah diri lagi bagi Tuhan. Jika untuk hal duniawi saja kita berbenah sampai sedemikian rupa, terlebih lagi kita harus berbenah untuk Tuhan. Contohnya, kalo kita mau Perjamuan Kudus, kita harus siap hati, kalo ada orang yang salah sama kita, ya kita ampuni. Selain itu juga secara physically kita juga berpakaian yang layak, sopan dan bersih. Contoh lain, pas doa pagi, kita berikan waktu yang terbaik untuk Tuhan, pas bangun pagi sebelum ngapa-ngapain tapi setelah cuci muka dan siket gigi gitu, jadi mukanya udah bersih dan seger.

Nah, lanjutan cerita temen saya nih, jadi akhirnya temen saya itu jadi dateng dan lumayan lama juga ngobrolnya (terbukti dia betah :p) tapi setelah itu ya udah, capek-capeknya kita berberes-beres ria cuma buat short term aja. Setelah temen kita pulang kita kayak biasa lagi.

Tapiiii..kalo kita berberes-beres di hati kita, or to say it literally kalo kita hidup bener-bener ikutin firman Tuhan, hidup kita pun akan "beres". Beban berat atau cobaan akan kita lalui dengan gampang. Kenapa? Karena kita punya Tuhan yang jadi GUIDE kita, Dia yang akan memimpin setiap langkah kita. Gembala kita yang setia. Orang-orang akan terheran-heran dengan cara kita menjalani hidup yang "tanpa beban" padahal bebannya ada ya, tapi ditanggung Tuhan. Jadi ini long term.

Selain itu kalo hidup kita selalu "rapi dan bersih" maka nanti kalo Tuhan dateng, kita pun akan layak buat diangkat dan jadi mempelaiNya yang kudus, trus cabut ke surga. Hehehe ini namanya dapet bonus JACKPOT yang akan berlaku untuk selamanya.

Semoga memberkati dan God bless you :)

0 comments:

Post a Comment